• Fagetti

5 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Courtyard Mewah

Updated: Oct 18



Courtyard adalah sebuah halaman atau ruang terbuka yang posisinya ada di tengah-tengah bangunan. Courtyard biasa diisi dengan aneka tanaman, tempat duduk, dekorasi hingga kolam renang. Aplikasi batu alam di ruang terbuka ini bisa menambah kemewahan sebuah bangunan.


Manfaat courtyard


Pada zaman dulu, courtyard digunakan sebagai area untuk berkumpul, memasak, dan bekerja. Seiring berkembangnya zaman, manfaat courtyard pun semakin berkembang. Jika sebelumnya hanya menjadi area untuk melakukan aneka kegiatan, kini courtyard juga bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan.


Pertama, courtyard sifatnya terbuka sehingga cahaya matahari dan angin tersikulasi dengan baik. Bangunan yang mengelilingi courtyard pun bisa merasakan dampak positifnya. Pemilik bangunan tidak perlu menyalakan banyak lampu di siang hari. Udara pun terasa lebih sejuk tanpa perlu menyalakan AC.


Kedua, area courtyard juga bisa dimanfaatkan sebagai area hijau. Misalnya di bagian tengah ada pohon berdaun rimbun. Lalu di sekelilingnya dibuatkan tempat duduk melingkar. Suasana menjadi lebih asri dan nyaman untuk bersantai atau olahraga. Pasokan oksigen pun terpenuhi.


Ketiga, layaknya sebuah taman, courtyard juga menjadi elemen penambah nilai estetika suatu bangunan. Keempat, desain courtyard yang unik dengan beragam dekorasi akan menarik perhatian orang sehingga menaikkan harga jual properti di kemudian hari.


Batu alam yang cocok untuk courtyard


Desain courtyard dipertimbangkan dengan matang. Bukan hanya semata-mata untuk menambah nilai keindahan dan kenyamanan, tapi juga awet. Oleh karenanya material batu alam sering digunakan sebagai material courtyard. Baik itu untuk pelapis lantai ataupun dinding dan tempat duduk.


Seperti yang sudah kita ketahui, batu alam terdiri dari banyak jenis dengan kriteria tersendiri. Batu alam yang sempurna untuk courtyard wajib tahan panas, air, dan permukaannnya tidak licin. Berikut ini jenis batu alam yang cocok untuk menghiasi courtyard mewah:


Granit


Batu granit bisa dikatakan sebagai batu alam yang paling kuat dan keras. Granit cocok sebagai material courtyard lantaran memiliki tingkat porosity yang amat rendah. Itu artinya batu granit tidak mudah menyerap air. Dengan demikian, batu alam ini tidak mudah terkikis meski terkena hujan dalam jangka panjang dan volume besar. Corak dan warna yang dimiliki batu granit juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan selera ataupun gaya bangunan.


Anda hanya perlu memilih finishing yang tepat untuk granit jika hendak menggunakannya di courtyard. Supaya tidak licin dan membahayakan pengguna courtyard, gunakan finishing flaming dan leather. Tekstur permukaan granit jadi lebih kasar dan sedikit bergelombang. Namun, keindahan dan kekuatan granit tidak akan berkurang.


Baca juga: Mount Airy, Tambang Granit Terbesar yang Sempat Dianggap Tidak Bernilai


Travertine


Courtyard adalah ruang terbuka yang langsung terkena sinar matahari. Oleh karena itu penggunaan travertine bisa dipertimbangkan sebagai lantai dan juga tempat duduk. Batu alam travertine terkenal dengan sifatnya yang anti panas. Meski terkena sinar matahari dan udara panas, permukaannya akan tetap terasa sejuk. Waktu bersantai di courtyard pun jadi lebih menyenangkan.


Batu travertine juga mudah dipotong dan dibentuk. Dengan demikian Anda bisa mewujudkan desain-desain yang unik secara akurat. Di samping itu, travertine memiliki tampilan mewah khas masa lampau. Alhasil, courtyard Anda terlihat mewah dan seperti bangunan bersejarah juga.


Limestone


Dibandingkan dengan batu alam jenis lainnya, limestone mudah ditambang sehingga harganya terjangkau. Stok yang berlimpah dan kemudahan proses pemotongan juga menjadikan limestone begitu populer sebagai bahan bangunan, termasuk untuk courtyard.


Ciri khas limestone adalah warnanya yang cokelat menyerupai warna kayu. Jenis batu alam yang satu ini bisa jadi alternatif sempurna untuk Anda yang menyukai kayu. Daya tahan limestone jelas lebih baik dari kayu untuk outdoor. Batu ini tidak mudah lembab dan lapuk.


Untuk daya tahannya terhadap cuaca dan tingkat keawetan, penggunaan limestone sudah terbukti oleh Piramida di Mesir. Limestone yang digunakan sudah berusia ribuan tahun. Namun, perlu diingat juga kalau limestone ini wajib diberi coating secara rutin supaya anti air dan tidak mudah retak. Limestone cocok untuk dijadikan material jalan setapak atau dinding courtyard.


Baca juga: Serba-Serbi Limestone yang Perlu Anda Ketahui


Sandstone


Sudah sejak lama, sandstone dipercaya sebagai material area outdoor khususnya di bagian lantai dan pilar. Di antaranya untuk area teras, kolam renang, dan garasi. Jadi kekuatannya untuk dijadikan material courtyard tidak perlu diragukan lagi. Batu alam ini mampu bertahan menghadapi perubahan cuaca ekstrim dan beban berat. Bahkan, sandstone juga tidak mudah rusak saat terkena zat asam.


Daya tahannya yang kuat tidak akan membebani Anda untuk melakukan perbaikan di masa mendatang. Tapi ada satu kelemahan yang perlu dipertimbangkan jika ingin menggunakan sandstone. Batu ini memiliki pilihan warna terbatas, yakni hanya dalam tone krem dan cokelat saja. Warna-warna sandstone ini cocok untuk courtyard bergaya Mediterania, minimalis, tradisional, dan alami.


Marmer


Batu marmer tercipta melalui proses yang penuh tekanan dan suhu tinggi. Proses ini menjadikan marmer sebagai batu yang kuat menopang beban dan tahan panas juga. Marmer juga sama seperti travertine yang mampu membawa kesejukan di tengah paparan sinar matahari.



Untuk penampilan, tentu marmer tidak bisa diragukan. Kemewahan akan langsung terpancar di courtyard Anda. Pilihan warna dan coraknya pun amat beragam sehingga cocok untuk semua gaya courtyard.


Agar batu marmer di courtyard Anda semakin awet dan menawan sepanjang masa, pastikan untuk memberi coating. Fungsinya untuk mencegah terserapnya air dan noda ke dalam pori-pori marmer. Jika ingin menggunakan marmer pada lantai courtyard, sebaiknya beri finishing tumbled atau brushed. Dengan demikian resiko tergelincir saat lantai basah dapat diminimalisir.


Baca juga: Faktor-faktor Pembentuk Warna dan Corak Marmer yang Variatif


Batu alam impor untuk courtyard mewah


Menemukan batu alam untuk courtyard mewah memang mudah karena ada banyak penjual di Indonesia. Namun, apakah semua batu alam tersebut memiliki kualitas yang baik dan mampu memenuhi ekspektasi Anda? Belum tentu. Oleh karena itu, Anda harus mencari penyedia batu alam yang sudah profesional seperti Fagetti.


Fagetti adalah importir batu alam yang sudah berpengalaman sejak tahun 1986. Supplier ini berkomitmen untuk menyediakan batu alam berkualitas dan memprosesnya dengan teknologi terbaru dari Italia. Setidaknya ada 900 jenis batu alam yang ditawarkan, termasuk marmer, granit, travertine, limestone, dan sandstone yang cocok untuk courtyard.


Layanan Fagetti meliputi pemotongan menggunakan mesin berteknologi tinggi, finishing, pemasangan, hingga perawatan jangka panjang. Sudah siap untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti? Konsultasikan kebutuhan Anda dan buat janji temu melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359.

12 views0 comments