• Fagetti

6 Tips Menghadirkan Kemewahan di Kamar Tidur

Updated: Jan 19

Kamar tidur atau bedroom adalah ruang personal menjadi tempat beristirahat dan melepas lelah. Desain kamar tidur yang nyaman dan fungsional tentunya akan menjadikan fungsinya maksimal. Baik sebagai tempat beristirahat maupun sebagai tempat yang mempengaruhi suasana hati saat bangun di pagi hari. Salah satu gaya desain yang mengutamakan kenyaman adalah luxury design interior, di mana selain nyaman, ruangan Anda juga akan terkesan mewah.


Lalu, bagaimanakah kamar tidur dengan konsep luxury design tersebut? Berikut adalah tips dan hal-hal yang bisa Anda aplikasikan untuk mewujudkan kamar mewah impian Anda!


Ketahui ukuran kamar dan beradaptasilah!


Penerapan luxury design bukanlah keharusan untuk memiliki ruangan yang luas atau lebar. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah ukuran ruangan dan memperkirakan apa yang akan dan tidak akan Anda tambahkan di dalamnya. Misalnya, jika Anda memiliki ruangan yang relatif kecil, Anda tidak perlu menambahkan sofa dengan ukuran besar di dalam kamar tidur Anda.


Dengan mengetahui ukuran ruangan dan memperkirakan hal-hal apa saja yang akan Anda butuhkan, akan menjadikan kamar tidur memiliki komposisi yang pas. Anda akan bebas dari drama “terlalu banyak barang” yang membuat kamar terlihat sempit padahal berukuran cukup luas. Atau justru sebaliknya, kamar terasa kosong meskipun Anda telah memasukkan semua hal yang Anda butuhkan.


Tentukan tema yang akan ditonjolkan


Hal selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan dalam menghadirkan kamar tidur dengan gaya luxury design adalah tema atau konsep. Meskipun luxury design adalah sebuah gaya desain, namun Anda dapat memadukannya dengan tema atau konsep lainnya. Misalnya, konsep modern, kontemporer atau gaya desain tertentu seperti gaya victorian atau scandinavian.


Baca juga: Aneka Gaya Desain Interior Mewah


Hal ini perlu direncanakan sejak awal karena akan mempengaruhi perencanaan dan pengerjaan secara keseluruhan. Termasuk pemilihan barang-barang yang akan digunakan dan item-item yang dibutuhkan sebagai bagian dari dekorasi kamar. Anda juga mungkin perlu untuk menyesuaikan warna dan desain atau memesan furnitur tertentu sesuai dengan preferensi yang diinginkan.


Pilih aksesoris dan furnitur sesuai tema


Desain yang sempurna adalah desain yang memberi nuansa yang khas dan dapat diketahui dengan mudah apa yang ingin ditonjolkan di dalamnya. Oleh karena itu, furnitur serta item dekoratif yang akan Anda gunakan harus sesuai dengan tema yang telah Anda putuskan sebelumnya. Hal ini akan menjadi ciri khas yang akan menghadirkan nuansa tertentu pada kamar tidur Anda.


Selanjutnya, konsistensi tema dengan furnitur yang Anda butuhkan juga sebaiknya diperhatikan. Pastikan Anda membeli item-item yang serasi dan selaras dengan tema yang akan diangkat dan ditonjolkan di dalamnya. Jika diperlukan, Anda mungkin butuh untuk memesan furnitur dengan gaya desain yang disesuaikan untuk menyeragamkannya sehingga semuanya terlihat serasi satu sama lain.


Atur pencahayaan


Pada dasarnya pencahayaan adalah hal yang krusial dalam menonjolkan jenis gaya desain tertentu. Dimulai dengan pencahayaan alami melalui jendela, hingga pencahayaan buatan yang berasal dari lampu. Sangat disarankan bagi Anda untuk memperhatikan pemilihan material serta warna lampu yang akan Anda gunakan. Meskipun tampak sepele, nyatanya pencahayaan adalah pemberi nuansa bagi luxury design interior pada kamar Anda.


Jenis pencahayaan yang paling cocok untuk pencahayaan kamar adalah ambient lighting atau pencahayaan ambient. Di mana pencahayaan tidak secara langsung menerangi ruangan seperti pencahayaan di ruang utama. Jenis pencahayaan ini juga akan menghadirkan cahaya yang lebih lembut sehingga memberikan nuansa yang lebih nyaman untuk kamar tidur Anda.


Tambahkan lukisan atau dekorasi dinding


Lukisan adalah dekorasi standar yang juga dapat dijadikan sebagai item penguat untuk suatu gaya desain. Hal ini adalah salah satu hal yang sebaiknya tidak Anda lupakan dalam menata sebuah kamar tidur dengan gaya luxury design. Selain menambah keindahan dekorasi, lukisan tertentu juga dapat menghadirkan kemewahan yang akan menonjolkan desain yang Anda terapkan.


Anda dapat memilih sebuah lukisan abstrak yang terlihat berkelas, atau lukisan objek ternama yang memberikan kesan mewah. Anda juga dapat mendedikasikan salah satu dinding Anda sebagai tempat sebuah lukisan yang besar. Opsi lainnya adalah dengan memilih dekorasi dinding lainnya seperti dengan wallpaper atau dengan objek yang lebih kecil untuk diinstal.


Baca juga: Mengenal Konsep Luxury Interior Design dan Karakteristiknya


Gunakan Batu Alam


Salah satu pilihan lain yang membuat kamar tidur Anda menonjolkan kesan mewah khas luxury design adalah dengan penggunaan batu alam. Anda dapat menggunakannya pada lantai, dinding, headboard, topper furnitur dan lain-lain di dalam kamar Anda. Marmer dan granit adalah dua jenis batu alam yang paling cocok untuk berbagai fungsi tersebut.


Lantai


Jenis batu alam yang paling direkomendasikan untuk lantai kamar Anda adalah marmer. Sebagian besar jenis marmer, terutama yang berwarna putih, dapat dengan cocok digunakan sekalipun Anda menerapkan luxury design dengan sentuhan gaya tertentu. Selain itu, marmer putih juga memberikan nuansa yang nyaman tersendiri bagi Anda.


Headboard


Anda juga dapat menggunakan marmer sebagai material headboard tempat tidur Anda untuk tampilan yang lebih berkelas dan mewah. Anda dapat berkonsultasi dengan desainer interior Anda atau dengan penyedia marmer untuk mendiskusikan desain yang Anda inginkan.


Dinding


Penerapan batu alam pada dinding kamar tidur bukanlah hal sesuatu hal yang baru. Anda dapat menginstal marmer di salah satu sisi dinding kamar Anda atau menampilkan potongan onyx yang dengan pencahayaan di sekitarnya untuk tampilan super mewah. Sisi yang cocok untuk dinding marmer atau onyx adalah di sisi yang sama dengan headboard ranjang.


Furnitur


Anda juga dapat menggunakan batu alam pada furnitur yang Anda gunakan di dalam kamar tidur, misalnya sebagai topper meja nakas atau meja rias. Anda dapat menggunakan jenis batu alam yang sama dengan yang Anda gunakan pada headboard atau dinding. Batu alam dengan kesan “mewah” seperti marmer dan granit adalah yang paling cocok untuk ini.


Pusat marmer, granit dan batu alam terbaik untuk kamar tidur mewah


Berbagai jenis marmer dan batu alam lainnya untuk kamar tidur dengan luxury design dapat Anda temukan di Fagetti. Ada sekitar 900 jenis batu alam yang dapat Anda pilih baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Semuanya dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan Anda terkait dengan batu alam. Temukan jenis batu alam terbaik yang sesuai dengan selera dan preferensi pribadi Anda di sini.


Baca juga: Tips Memilih Marmer untuk Hunian Mewah


Fagetti juga berkomitmen untuk menghadirkan kesempurnaan bagi Anda melalui penggunaan batu alam. Fagetti akan memproses desain pilihan Anda dengan menggunakan teknologi mutakhir yang menghadirkan produk batu alam premium. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan Fagetti mulai dari instalasi hingga perawatan produk batu alam pada bangunan Anda. Hubungi Fagetti via WhatsApp di sini: Kirim Pesan ke Fagetti.

43 views0 comments

Recent Posts

See All