• Fagetti

7 Inspirasi Desain Kursi Marmer yang Mewah dan Estetik

Updated: Mar 6

Selama ini marmer identik sebagai material furnitur atau bidang yang berukuran besar seperti meja, pelapis dinding dan lantai. Tapi sejatinya marmer bisa digunakan sebagai material furnitur yang lebih beragam termasuk yang berukuran lebih kecil sebagai kursi. Jika tertarik dengan ide-ide anti mainstream, kenapa tidak mencoba kursi marmer yang estetik?


Kursi dari marmer jelas kokoh dan awet digunakan dalam waktu lama. Batu alam ini bersifat dingin sehingga cocok digunakan di area yang berhawa panas. Mau diletakkan untuk luar ruangan pun sangat tepat karena kualitasnya tidak terpengaruh banyak oleh perubahan cuaca yang ekstrim.


Untuk Anda yang penasaran bagaimana bentuk kursi dari marmer, inilah beberapa inspirasi kursi dari marmer. Bukan hanya sekedar menggunakan motif marmer pada material lain.


1. Nyaman dengan lekukan

Sumber: Gessato.com

Kursi dari marmer memang keras sifatnya. Namun, bukan berarti tidak bisa terasa nyaman saat diduduki lama. Berkat teknologi pemotongan marmer yang modern dan canggih, marmer bisa dibentuk memiliki lekukan. Desain lekukan ini disesuaikan dengan postur punggung dan kaki. Waktu duduk pun jadi terasa semakin nyaman.


Lekukannya pun tidak sebatas mengikuti bentuk tubuh. Tapi juga dijadikan aksen pada bagian ujung kursi, tepatnya pada bagian atas dan bawah. Bagian tersebut melekuk dengan elegan bagaikan lembaran kertas yang digulung. Kursi dari marmer ini akan menopang tubuh dengan lebih kokoh karena dikombinasikan dengan kerangka dari kayu.


2. Bongkahan marmer yang dipotong

Sumber: Marc Newson

Kursi dari marmer yang satu ini dibuat dari satu bongkahan marmer utuh tanpa sambungan sama sekali. Desain seperti ini bisa didapatkan dengan teknik pahat yang dikombinasikan dengan mesin pemotong modern. Desainnya begitu futuristik dengan lekukan abstrak dan unik. Bagian bawahnya memiliki lubang besar yang memungkinkan Anda untuk meletakkan buku favorit atau sekedar melihat area di balik kursi tersebut.


Daya topang kursi dari marmer ini tergolong lebih baik dibandingkan kursi dengan 4 titik tumpu. Pasalnya titik tumpu kursi ini berukuran besar dan sebanding dengan area duduknya. Meski hanya satu, daya topang pun tetap bisa bekerja maksimal. Warna marmer yang didominasi putih dengan corak halus abu-abu ini tampil minimalis dan tidak lekang oleh waktu.


Baca juga: Ini Acuan Harga Marmer Italy di Jakarta


3. Pahatan yang megah


Pada zaman dulu, batu marmer adalah material yang paling umum untuk dijadikan media karya pahatan. Bukan hanya sekedar pahatan untuk menjadikan bongkahan marmer layak diduduki, para seniman justru membuat pahatan yang begitu detail. Mulai dari bentuk kursinya sendiri, serta sandaran lengan dan punggung.


Kursi dari marmer yang satu ini memiliki pahatan yang unik dan megah selayaknya kursi tahta. Bagian sandaran lengan berbentuk kepala elang. Sedangkan bagian kaki kursi dibuat menyerupai kaki burung dengan cakarnya yang mengintimidasi. Untuk permukaan marmer secara keseluruhan, terdapat ukiran nan elegan yang dibuat secara simetris. Tidak lupa, ada ‘mahkota’ di bagian atas sandaran punggung yang menjadikan kursi dari marmer ini semakin megah.


4. Desain minimalis yang cantik

Artemest.com

Pada inspirasi desain kursi berikut ini, marmer yang digunakan adalah yang memiliki bentuk slab atau lembaran. Dilihat sekilas, kursi dari marmer ini bagaikan terdiri dari 2 slab yang disatukan. Mirip dengan konsep kursi lipat, tapi sayang kursi ini sifatnya permanen alias tidak bisa dilipat. Bagian dudukannya dibuat memiliki lekukan yang nyaman. Dengan kemiringan sandaran lebih dari 90 derajat, kursi dari marmer ini sangat pas diletakkan di teras atau taman dan digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan.


5. Kursi taman masa lampau yang menawan

Sumber: Shutterstock

Pada masa lampau, desain sebuah kursi tidaklah serumit saat ini. Desain kursi dari marmer ini begitu sederhana dan apa adanya. Bongkahan batu marmer dipahat hingga memiliki cekungan untuk duduk. Permukaan marmer pun dibiarkan tanpa polesan. Kursi ini dibuat dalam satu set dengan meja kopi yang sama sederhananya. Desain ala masa lampau ini paling pas untuk menghiasi taman rumah bergaya Mediterania dan tradisional.


6. Bentuk wajah manusia

Sumber: Heraldnet.com/Cowles Syndicate Inc.

Bagi Anda yang menginginkan kursi bernilai seni tinggi, desain berikut bisa jadi inspirasi yang tepat. Dari depan, kursi ini tampak seperti kursi biasa. Tapi ketika dilihat dari belakang, kursi ini memiliki bentuk wajah manusia setengah bagian. Teknik pahatannya begitu rapi. Corak tipis dari marmer seakan menjadi menampilkan urat manusia sungguhan. Lalu kursi ini diberi finishing mengkilap yang menjadikannya semakin mewah dan sempurna.


Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Batu Onyx untuk Countertops


7. Kursi taman vintage

Sumber: Vntg.com

Model vintage kembali digemari lagi di era modern ini. Hal ini tidak terkecuali berdampak pada tren furnitur. Desain kursi dari marmer ini berasal dari era 50an. Kursi berukuran kecil dengan bentuk menyerupai cawan. Pada dasarnya, material marmer yang digunakan dalam desain ini memiliki bentuk bongkahan silinder yang kemudian dipahat. Pilar yang ramping diberi aksen pahatan garis. Meski ukurannya kecil, kursi ini tetap mampu memamerkan corak marmer yang indah.


Baca juga: Batu Marmer yang Menghiasi Situs Paling Suci bagi Umat Islam


Wujudkan inspirasi desain kursi marmer impian


Melalui desain-desain tadi, semoga Anda bisa menemukan dan merangkai inspirasi untuk desain kursi marmer impian. Baik itu untuk menghiasi hunian ataupun gedung komersial Anda. Desain kursi marmer yang Anda inginkan dapat diwujudkan dengan sumber daya yang tepat. Fagetti akan membantu Anda untuk hal tersebut.


Fagetti merupakan importir batu alam yang sudah berkecimpung di dunianya sejak 1986. Tidak hanya marmer, kami juga menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam. Di sini Anda bisa memilih batu alam berkualitas tinggi dengan corak yang indah.


Untuk urusan mewujudkan desain, Fagetti juga menyediakan jasa pemotongan marmer dengan teknologi canggih dari Italia. Hasil potongnya presisi seperti yang Anda inginkan. Mau finishing glossy atau doff, konsultasikan saja kepada kami.


#CreateYourPerfection ke dalam bentuk kursi bersama Fagetti. Jadwalkan janji temu dengan tim lewat WhatsApp 0811-8887-359.

9 views0 comments