• Fagetti

7 Manfaat Pemasangan Marmer dengan Honeycomb


www.fagetti.com
Marmer bisa dibuat melayang karena telah ditipiskan dan dipasang dengan menggunakan honeycomb.

Dalam desain interior, marmer dikenal sebagai material yang memiliki daya tahan lama. Warna, tekstur dan pola marmer yang unik membuatnya batu alam ini semakin menarik. Namun sejumlah faktor seperti harga yang mahal, berat barang dan biaya pemasangan yang tinggi membuat penggunaan marmer cukup terbatas. Kabar baiknya, baru-baru ini para arsitek dan desainer menemukan cara membuat marmer menjadi lebih ringan, kuat dan efisien yakni dengan menggunakan honeycomb.


Honeycomb merupakan panel yang terbuat dari bahan aluminium yang berguna untuk menciptakan struktur pada pemasangan marmer. Panel yang memiliki rongga-rongga heksagonal ini cocok untuk pemasangan marmer pada proyek-proyek yang membutuhkan kekuatan dan pengurangan berat, memudahkan pengiriman dengan kapal, pengiriman udara, dan memudahkan pemasangan pada gedung pencakar langit.


Pemasangan honeycomb dilakukan pada marmer yang telah ditipiskan. Standar ketebalan marmer untuk bangunan sekitar 2 cm. Tapi slab marmer tersebut dapat dibelah menjadi 3 atau 4 lembar. Kemudian honeycomb direkatkan pada marmer yang telah ditipiskan tersebut dengan menggunakan resin. Marmer yang telah ditipiskan dapat ditempelkan pada satu sisi atau kedua sisi honeycomb.


Manfaat honeycomb


Pemasangan marmer dengan menggunakan honeycomb memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan jika dibandingkan dengan pemasangan marmer dengan cara konvensional. Berikut ini 7 manfaat pemasangan marmer dengan menggunakan honeycomb:


1. Lebih kuat


Honeycomb yang terbuat dari aluminium memberikan kekuatan yang konsisten di seluruh panel. Dengan demikian, marmer menjadi jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan marmer slab biasa. Marmer dengan honeycomb tidak mudah retak atau pecah dan bisa menahan beban beberapa kali lipat lebih baik dibandingkan dengan marmer biasa.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Italy Paling Populer di Dunia


2. Lebih ringan


Marmer yang telah ditipiskan menjadikan berat batunya berkurang. Sedangkan tambahan panel honeycomb yang terbuat dari aluminium juga cukup ringan. Walhasil, marmer dengan honeycomb menjadi lebih ringan. Berat yang ringan ini, akan memudahkan pengiriman atau pemindahan marmer dengan moda transportasi darat, laut atau udara.



3. Instalasi lebih mudah dan lebih aman


Dengan marmer honeycomb yang lebih ringan, maka pemasangan atau instalasinya pun menjadi lebih mudah ketimbang pemasangan marmer tanpa honeycomb. Tenaga kerja yang diperlukan dalam proses instalasinya juga lebih sedikit.Selain itu, pemasangan marmer menjadi lebih aman.


4. Desain lebih fleksibel


Marmer dengan honeycomb yang lebih kuat dan lebih ringan memungkinkan arsitek dan desainer mengaplikasikannya ke dalam berbagai elemen desain dalam sebuah hunian. Mereka dapat berkreasi dengan memasang marmer untuk ceiling room atau plafon, kamuflase furnitur dan bahkan lantai lift.


Baca juga: Inspirasi Desain Kamar Mandi Mewah Menggunakan Marmer


5. Menghemat budget marmer mahal


Jika Anda berniat menggunakan marmer dengan harga per meter persegi yang mahal, maka penggunaan honeycomb dapat menghemat budget. Maklum marmer tersebut dapat dibelah menjadi beberapa bagian dan dipasangkan dengan menggunakan honeycomb. Sehingga satu blok batu marmer bisa menghasilkan marmer yang lebih luas. Dengan sifatnya yang ringan, penggunaan honeycomb juga dapat mengurangi biaya tenaga kerja dan biaya transportasi.


Baca juga: 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Marmer


6. Motif dan warna lebih identik


Marmer yang dibelah menjadi tiga atau empat bagian dan dipasang dengan honeycomb akan menghasilkan lembaran-lembaran marmer dengan motif dan warna yang seragam. Jika Anda ingin memasangnya di area yang luas untuk dinding atau lantai, maka Anda akan mendapatkan marmer dengan motif dan warna yang hampir 100% identik. Jika ingin memasang marmer dengan teknik bookmatch atau mirroring, maka marmer dengan motif dan warna yang identik akan menghasilkan pola yang estetis.


7. Bisa dibuat tembus cahaya


Ada jenis honeycomb dengan warna yang transparan. Ketika digabungkan dengan marmer atau granit yang telah ditipiskan, maka cahaya dapat menembusnya. Jadi meskipun bukan jenis onyx, marmer atau granit tersebut bisa terlihat lebih indah karena tembus cahaya.


Untuk mendapatkan marmer import yang berkualitas dan eksklusif, Anda bisa datang ke Fagetti. Supplier ini menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam terutama marmer. Fagetti juga menyediakan layanan jasa instalasi marmer termasuk pemasangan marmer dengan honeycomb. Segera hubungi Fagetti di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

11 views0 comments