• Fagetti

8 Aplikasi Marmer pada Interior dan Eksterior Rumah

Updated: Jan 19

Marmer merupakan batu alam yang mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Batu alam ini juga dapat Anda manfaatkan untuk berbagai fungsi interior dan eksterior pada hunian mulai dari lantai, dinding, hingga furnitur. Dengan kilau alaminya, marmer akan menambah keindahan serta kemewahan pada setiap ruangan di rumah Anda.


Nah, berikut adalah berbagai jenis penggunaan marmer yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk membangun hunian mewah impian Anda.

Lantai


Aplikasi marmer pada lantai adalah penggunaan marmer yang paling luas dalam arsitektur dan bangunan. Penggunaan ini dapat ditemukan pada hunian seperti rumah atau apartemen, hingga bangunan bisnis seperti perkantoran atau pusat perbelanjaan. Keunikan corak dan warna marmer dapat disesuaikan dengan berbagai gaya desain sehingga sangat fleksibel untuk digunakan.


Baca juga: Wujudkan Rumah Mewah dan Berkelas dengan 5 Tips Ini!


Umumnya, marmer diproses dengan cara dipoles sehingga memiliki hasil akhir polished ketika diaplikasikan pada lantai. Hal tersebut membuat kilau alami pada marmer menjadi semakin nyata dan akan sangat mempengaruhi nuansa yang dihadirkan dalam setiap ruangan. Selain itu, penggunaan beberapa corak atau warna marmer umum diterapkan untuk menghasilkan pola desain tertentu pada lantai.


Dinding


Banyak bangunan terkenal di dunia yang menjadikan marmer sebagai material untuk dinding bangunannya. Salah satu yang tertua adalah The Pantheon di Roma yang telah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu. Tidak heran jika banyak arsitek terinspirasi untuk menghadirkan sentuhan marmer pada dinding bangunan hingga saat ini. Namun saat ini marmer hanya dijadikan material pelapis, bukan material utama pembangunannya.


Salah satu aplikasi marmer sebagai pelapis dinding adalah dengan teknik cladding pada eksterior gedung dan bangunan lainnya. Selain memiliki fungsi untuk menonjolkan estetika pada arsitekturnya, cladding juga berfungsi melindungi struktur utama bangunan dari berbagai faktor perusak dari luar. Penerapan cladding pada eksterior ini juga sangat luas, mulai pada hunian tinggal hingga pada gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan.


Countertop dapur


Pada dapur, marmer juga kerap digunakan sebagai material pembuatan countertop untuk menghadirkan nuansa yang mewah. Marmer dengan warna netral seperti hitam atau putih adalah pilihan yang paling sering digunakan untuk kebutuhan ini. Hal ini disebabkan warna netral akan lebih mudah disesuaikan dengan desain. Meski demikian, marmer dengan warna putih adalah yang paling banyak digunakan.


Selain dari segi keindahan, marmer termasuk batuan yang memiliki kualitas yang baik untuk digunakan sebagai countertop. Batuan ini cenderung kuat dan awet sehingga akan menjadi alas yang aman dan nyaman untuk berbagai kegiatan memasak. Meski demikian, Anda disarankan untuk melakukan perawatan secara rutin agar keindahan marmer pada countertop Anda selalu terjaga.


Kamar Mandi


Bagi Anda penggemar luxury design atau desain yang menonjolkan kemewahan, marmer adalah item wajib yang perlu Anda hadirkan dalam interior kamar mandi. Anda dapat mengaplikasikan marmer baik pada lantai maupun pada dinding kamar mandi untuk menghadirkan instalasi marmer yang indah. Penggunaan marmer untuk kamar mandi tentunya akan mempertegas penggunaan luxury design.


Ada banyak kreasi dan pilihan gaya desain yang dapat Anda terapkan dalam penggunaan marmer pada kamar mandi. Anda juga dapat mengkombinasikan penggunaan material marmer dengan material lainnya seperti kayu untuk menghadirkan konsep yang lebih unik. Dengan demikian, kamar mandi Anda tidak hanya indah dan menghadirkan nuansa mewah, namun juga ‘berbeda’, ‘unik’, dan ‘khas’.


Headboard


Penggunaan marmer dalam kamar dapat dimulai dari aplikasinya pada bagian headboard atau kepala tempat tidur. Pemilihan warna dan coraknya dapat disesuaikan dengan desain atau gaya yang ingin ditonjolkan pada ruang tidur Anda. Meski demikian, marmer dengan warna putih adalah jenis yang paling sering digunakan karena cenderung menghadirkan nuansa yang terang dan nyaman.


Ada beragam jenis desain headboard yang dapat diterapkan pada kamar tidur Anda. Desain paling sederhana dan umum digunakan adalah headboard ukuran normal yang digunakan sebagai pengganti kayu atau material umum lainnya. Namun Anda juga dapat mencoba desain lainnya seperti headboard yang menyatu dengan dinding atau headboard yang bertalian dengan nakas.


Baca juga: 6 Tips Menghadirkan Kemewahan di Kamar Tidur


Ornamen dekorasi


Meskipun dikenal memiliki kualitas batuan yang kuat dan tahan lama, nyatanya marmer termasuk batu alam yang cukup mudah dibentuk. Hal ini merupakan salah satu keunggulan marmer dibandingkan dengan batuan lainnya yang membuat cakupan penggunaan marmer jauh lebih luas. Hal tersebut juga memungkinkan marmer digunakan sebagai material untuk pembuatan ornamen dekorasi.


Anda dapat membuat hiasan yang indah seperti patung dan pajangan yang terbuat dari marmer, termasuk ornamen yang menonjolkan detailnya. Ada yang berbentuk sederhana seperti piring hias dan pot, hingga hiasan berbentuk binatang dapat dibuat dengan menggunakan marmer. Ornamen-ornamen dekorasi ini dapat menghiasi bagian dalam dan luar bangunan Anda sehingga tampak lebih indah dan tentunya menghadirkan kemewahan.


Fitur arsitektural


Anda mungkin menemukan aksen khusus yang dibuat untuk menambah keindahan pada bangunan. Misalnya seperti dinding dekorasi yang dibuat dengan batu alam atau mungkin tangga yang dibuat lebih unik dengan menekankan keindahan material pelapisnya. Dalam hal ini pun marmer adalah material yang cocok karena keindahan yang secara alami menghadirkan dan menonjolkan kemewahan.


Selain itu, jika Anda penyuka bangunan dengan desain arsitektur klasik, Anda dapat menggunakan marmer untuk kebutuhan seperti tiang atau pilar bangunan. Hal ini sering digunakan pada bangunan publik yang ingin memberikan kesan tegas dan kuat. Meski demikian, tidak sedikit rumah yang menggunakan tiang dan memilih marmer sebagai materialnya.


Furnitur


Furnitur dengan aksen marmer bukanlah hal yang baru dalam penggunaan marmer pada arsitektur dan bangunan. Anda tentu sering melihat meja atau counter yang dibuat dengan menggunakan marmer, atau nakas kecil yang dilapisi marmer pada bagian permukaannya. Hal ini juga dapat dibuat dan diaplikasikan pada hunian Anda baik di dalam maupun di luar ruangan.


Dalam pengaplikasiannya, Anda dapat menyamakannya jenis marmer yang akan digunakan dengan jenis yang digunakan pada lantai atau countertop. Hal ini akan menghadirkan keserasian dan kemewahan dalam desain interior Anda. Sementara itu, Anda juga dapat menggunakan marmer sebagai furnitur seperti meja dan kursi pada gazebo atau outdoor kitchen Anda.


Temukan ratusan jenis marmer untuk memperindah bangunan Anda di Fagetti!


Fagetti merupakan penyedia batu alam terbesar di Indonesia dengan koleksi batu alam yang mencapai 900 jenis termasuk marmer, granit, dan lain-lain. Berbagai jenis marmer impor dapat Anda temukan di Fagetti dalam ratusan pilihan warna dan corak. Apapun yang ingin Anda wujudkan dengan penggunaan marmer dapat Anda lakukan dengan banyaknya pilihan yang disediakan.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan


Selain itu, Fagetti juga memungkinkan Anda untuk menentukan desain dan pola yang akan diaplikasikan pada marmer pilihan Anda. Semuanya akan diproses dengan menggunakan teknologi tinggi dan terkini dari Italia sehingga akan menghasilkan produk olahan marmer yang berkualitas. Semua staf di Fagetti merupakan profesional yang memiliki pengalaman panjang dalam bidang pengolahan batu alam untuk memastikan kualitas produk dan layanan yang diberikan. Hubungi Fagetti via WhatsApp di sini: Kirim Pesan ke Fagetti.

37 views0 comments

Recent Posts

See All