• Fagetti

8 Inspirasi Niche Marmer untuk Hunian Mewah Ala Romawi

Pernah dengar kata niche? Niche adalah bagian dinding yang menjorok ke dalam, baik itu dalam ukuran kecil atau besar. Pada masa Romawi Kuno, niche menjadi ciri khas arsitektur setempat. Ukuran niche pada masa itu sangat besar untuk memajang patung dewa dan pahlawan. Tidak hanya di dalam bangunan, tapi ada juga niche di sisi luar bangunan.


Niche berbentuk persegi panjang dalam posisi vertikal. Bagian atasnya melengkung. Beberapa di antaranya memiliki ukiran atau dekorasi dari batu alam. Sedangkan pada zaman modern ini, niche diadaptasi untuk dekorasi interior dan menyimpan peralatan rumah tangga.


Bentuknya pun mengalami perubahan. Ada yang berbentuk lingkaran, persegi, segienam, dan sebagainya yang disesuaikan dengan masing-masing gaya interior. Objek yang diletakkan pada niche pun tidak sebatas patung, tapi bisa berupa piala, vas bunga, bingkai foto, peralatan mandi, bahkan TV.


Anda pun bisa menghadirkan niche pada hunian masing-masing. Untuk kesan yang lebih mewah dan berkelas, niche dibuat menggunakan marmer. Berikut ini beberapa inspirasi desain niche marmer yang bisa Anda terapkan:


Niche Marmer Minimalis untuk TV

Sumber: Comelite-arch.com

Hunian minimalis tidak memiliki banyak dekorasi. Apabila Anda ingin menghadirkan niche marmer, manfaatkan saja sebagai area meletakkan TV. Ukurannya besar, tingginya mencapai ujung langit-langit hunian. TV bisa diletakkan langsung pada niche atau menggunakan meja tambahan.


Keunggulan memakai niche untuk TV adalah ruangan terlihat lapang, rapi, dan area duduk jadi lebih luas. Agar tampil lebih mewah lagi, pilihlah marmer dengan motif berukuran besar atau simetris seperti inspirasi di atas.


Niche untuk dapur


Sumber: Stylebyemilyhenderson.com

Menggunakan rak untuk meletakkan bumbu masak sudah terlalu mainstream. Beralihlah ke niche marmer yang membuat tampilan dapur menjadi lebih mewah sekaligus fungsional. Posisi niche ini ada di belakang kompor. Anda akan lebih mudah mengaksesnya dan bumbu-bumbu ini tidak akan membuat area masak terasa sempit.


Penggunaan marmer untuk niche di dapur adalah pilihan yang tepat karena sifarnya tahan panas. Bagian latar niche dilapisi potongan-potongan kecil marmer. Alhasil, terciptalah efek mosaik. Sedangkan di sekelilingnya ada potongan marmer yang disusun menyerupai bata. Bagian bawah niche marmer ini perlu dibuat agak lebar supaya bumbu-bumbu tidak mudah jatuh.


Niche Dekorasi Pada Area Tangga

Sumber: Lorenzocafebar.com

Kembali ke kemewahan ala Romawi kuno? Anda bisa melakukannya. Salah satu triknya adalah membuat niche marmer dengan bentuk bagian atas yang melengkung pada dinding di dekat tangga. Ukurannya perlu disesuaikan dengan besar ruangan agar terlihat seimbang.

Pada inspirasi ini, area tangga dan dinding agak melengkung. Oleh karena itu niche juga perlu dibuat melengkung. Tujuannya supaya dekorasi yang dipajang dapat terlihat dari segala sisi dan tentunya terlihat serasi dengan area sekitarnya.


Warna marmer untuk latar niche sebaiknya yang bersifat kontras dengan dinding sekitar dan objek dekorasinya. Misalnya dinding area tangga berwarna abu-abu muda dan dekorasi berwarna keemasan, maka pilihlah marmer warna hijau atau hitam. Tambahkan pencahayaan dari bawah atau atas untuk memperkuat point of interest.


Baca Juga: Kamar Tidur Jadi Mewah Berkat Headboard Marmer


Niche Marmer di Kamar Mandi


Sumber: Havendesignandconstruction.com

Rak untuk peralatan kamar mandi perlu diganti secara berkala karena mudah berkarat dan lapuk akibat air. Bagi Anda yang tidak mau repot sekaligus menginginkan unsur kemewahan di kamar mandi, coba simak inspirasi niche marmer ini.


Niche di kamar mandi dapat menghemat ruang karena peralatan mandi tersimpan dengan rapi serta tidak mengganggu ruang gerak penggunanya. Anda bisa menghemat biaya dalam waktu lama karena niche ini memiliki daya tahan yang kuat. Untuk tampilan memukau, buatlah niche menggunakan marmer yang sama dengan dinding di sekitarnya.


Baca Juga: 6 Bangunan Monumen Terkenal di Dunia Yang Terbuat dari Batu Granit


Niche Marmer untuk Kitchen Bar Modern


Sumber: Meyerdavis.com

Untuk hunian modern, niche juga bisa sedikit dimodifikasi. Inspirasi berikut cocok untuk Anda yang sudah terlanjur membangun hunian dan tidak mungkin mengeruk dinding. Niche dibuat dengan latar belakang marmer dan dibingkai menggunakan keramik. Bingkai ini dibuat menonjol untuk menciptakan kesan seakan ada dinding yang mundur ke belakang.


Pada sisi kanan dan kiri ada rak ambalan yang turut mendukung kesan tersebut. Anda bisa menggunakan niche modifikasi ini di kitchen bar untuk meletakkan dekorasi serta botol minuman.


Niche dengan Tepian Marmer


Sumber: Instudio

Inspirasi selanjutnya ada niche berukuran besar dengan marmer pada kedua sisinya. Niche ini sendiri menggunakan material kayu untuk latar dan rak. Karena ukurannya besar, Anda dapat meletakkan aneka pajangan. Sedangkan rak bagian bawah bisa dimanfaatkan juga sebagai meja. Dengan syarat bagian bawah dikosongkan supaya kaki bisa leluasa bergerak.


Baca Juga: Sambut New Normal, Fagetti Siap Layani Pelanggan Secara Penuh


Niche Dekorasi dengan Marmer Segi Enam


Sumber: Instgram Modernfarmhouselife

Apakah Anda penggemar tanaman hias dan suka meletakkannya di dalam hunian? Niche bisa menjadi tempat alternatif untuk memajangnya selain menggunakan rak atau tepian jendela. Inspirasi niche marmer kali ini berukuran mungil agar serasi dengan tanamannya.


Bagian latar niche dibuat menggunakan marmer berbentuk segi enam. Nat sengaja menggunakan warna hitam dan dibuat tebal untuk mempertegas potongan marmer tersebut. Hasilnya cantik dan terciptalah gradasi marmer. Dinding di sekitarnya menggunakan keramik putih polos supaya niche menjadi fokus utama.


Niche Marmer Kamuflase


Sumber: Nextluxury.com

Niche marmer dengan efek kamuflase juga tidak kalah mewah dari niche lainnya. Marmer yang digunakan untuk latar sama dengan marmer untuk dinding di sekitarnya. Saat tidak ada dekorasi, niche ini tampak tidak ada. Sedangkan saat ada dekorasi, malah terlihat seperti melayang.


Tapi, niche marmer dengan efek kamuflase ini baiknya diberi bingkai yang menonjol. Hal ini untuk menjaga dekorasi tetap ada pada tempatnya dan mencegah Anda menyenggolnya.


Hadirkan Niche Marmer Terbaik Bersama Fagetti


Batu marmer memang menjadi idola banyak orang berkat kemewahan dan daya tahannya. Tampilan yang dimiliki marmer cocok untuk hampir semua gaya interior bangunan. Corak marmer tidak ada batasannya karena dibuat oleh alam. Dengan demikian, pilihan Anda juga menjadi tidak terbatas.


Semakin banyak pilihan maka Anda berpeluang untuk menemukan marmer yang paling sesuai dengan kebutuhan. Semua ini dapat Anda temukan di Fagetti. Perusahaan ini merupakan penyedia marmer dan batu alam terbaik dari sisi produk dan pelayanannya yang premium. Total jenis batu alam yang bisa ditemukan mencapai lebih dari 900 jenis. Batu-batu alam ini didatangkan dari segala penjuru dunia dengan kualitas terbaik.


Mulai dari desain, pengukuran, pemotongan, pemasangan, hingga perawatan, semua bisa diserahkan kepada Fagetti. Menghadirkan niche marmer pun menjadi lebih mudah. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, Fagetti turut menghadirkan layanan secara online.

Pengalaman Fagetti pada bidangnya selama 34 tahun menjadi bekal untuk melayani seluruh konsumen, baik hunian atau bangunan komersial. Tunggu apalagi, segera #CreateYourPerfection dan hadirkan niche marmer mewah bersama Fagetti.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia