• Fagetti

6 Bangunan Monumen Terkenal di Dunia yang Terbuat dari Batu Granit

Updated: Sep 28

Batu granit kerap dijadikan material untuk pembuatan patung dan monumen. Penggunaan batu granit untuk bangunan monumental sudah dilakukan orang sejak ribuan tahun lalu di Mesir Kuno. Tapi hingga kini, batu granit banyak dipilih untuk memperindah bangunan monumen terkenal di dunia. Berikut ini ulasan monumen terkenal di dunia yang dibangun dengan batu granit.


Mount Rushmore, South Dakota



Monumen Nasional Mount Rushmore adalah salah satu monumen legendaris yang tidak hanya terkenal di Amerika, namun juga di dunia. Terletak di Black Hills, South Dakota, monumen ini dikenal dengan ukiran kolosal yang menampilkan wajah empat presiden Amerika Serikat setinggi 18 meter. Keempatnya adalah George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Keempatnya dipilih masing-masing sebagai simbol dari kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, dan pelestarian bangsa.


Sebagian besar wilayah Mount Rushmore terdiri dari granit yang telah mengalami berbagai proses selama jutaan tahun. Pada tahun 1923 ide untuk membuat ukiran ini tercetus untuk meningkatkan pariwisata South Dakota oleh Doane Robinson. Sementara pemahat yang terlibat dalam proses pembuatannya adalah Gutzon Borglum dan putranya Lincoln Borglum. Pengerjaan ukiran ini memakan waktu selama 14 tahun sejak 1927-1941 dan sama sekali tidak menimbulkan korban jiwa dalam pembuatannya.


Baca juga: Mengenal Aberdeen, Kota Granit di Skotlandia, Inggris


Brihadeeswara Temple, India


Terletak di Thanjavur, Kuil Brihadeeswara merupakan salah satu bangunan kuil terbesar di India Selatan. Bangunan ini didirikan pada tahun sekitar 1003 hingga 1010 M dan telah dinobatkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Kuil Brihadeeswara ini adalah kuil Hindu yang didedikasikan untuk Dewa Siwa dan dibangun dengan gaya arsitektur khas yang dikenal sebagai arsitektur Dravida.


Ribuan ton granit digunakan sebagai material utama dalam pembuatan kuil yang juga dilengkapi menara setinggi 65.8 meter di mana tempat suci kuil ini berada. Puncak kuil ini sendiri terbuat dari segumpal granit yang mencapai 80 ton. Bagian paling menarik yang masih menjadi misteri adalah, semua pembangunan ini terjadi di abad ke-11 dengan sumber granit terdekat dari tempat dibangunnya kuil Brihadeeswara berjarak sekitar 60 km.


Amenhotep III, London


Penggunaan granit sejak zaman Mesir kuno dibuktikan oleh potongan patung Amenhotep III yang saat ini disimpan di British Museum. Potongan patung ini terbuat dari granit yang warnanya kemerahan akibat tingginya kadar bijih besi yang terkandung di dalamnya. Patung yang diperkirakan berasal dari tahun 1370 SM ini ditemukan pada tahun 1817 dalam keadaan rusak di Kuil Karnak, Mesir.


Masing-masing bagian yang ditemukan tersebut adalah lengan dan kepala yang tampaknya telah mengalami modifikasi di masa lalu. Pemahat yang memahat patung ini dinilai terampil karena wajah dari raja yang dipahat masih dapat dikenali meski terlihat bekas percobaan modifikasi tersebut. Penemuan potongan patung ini sendiri dianggap sebagai keajaiban karena umumnya saat penguasa berganti, penguasa penerus akan memusnahkan seluruh patung dari penguasa sebelumnya.


Diana, Princess of Wales Memorial Fountain, London


Salah satu anggota keluarga kerajaan Inggris yaitu Diana, Princess of Wales meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997. Pada tahun 2004, sebuah monumen pancuran air berbentuk aliran sungai diresmikan untuk mengenang Diana dan kecintaannya pada anak-anak. Monumen dari batu granit ini terletak dari sudut barat daya Hyde park, tepat di sebelah selatan Danau Serpentine.


Proyek ini dimulai pada tahun 2001, dengan menggandeng arsitek landskap asal Amerika Serikat Kathryn Gustafson. Desain yang diusungnya melambangkan kepribadian inklusif Putri Diana sekaligus sebagai peringatan yang layak dan penghargaan atas sikapnya yang luar biasa. Monumen ini dibuat dengan menggunakan granit cornish yang berasal dari Irlandia Utara dan dibuat dengan perpaduan teknologi serta keterampilan tradisional.


Baca juga: Yuk, Intip 5 Bangunan Marmer Paling Populer di Dunia!


Vietnam Veterans Memorial, Washington, D.C.


Vietnam Veterans Memorial adalah monumen peringatan yang dibangun untuk penghormatan kepada prajurit Amerika Serikat yang meninggal dalam pelayanan mereka di Vietnam dalam rentang waktu 1955-1975. Monumen ini sebenarnya terdiri dari 3 bagian yaitu Vietnam Veterans Memorial Wall, serta dua monumen lagi yaitu tugu The Three Soldiers dan Vietnam Women's Memorial. Monumen ini terletak di Constitution Gardens yang letaknya berdekatan dengan National Mall, Washington DC.


Vietnam Veterans Memorial Wall adalah bagian utama dan yang paling terkenal dari monumen ini karena berukirkan lebih dari 58.000 nama prajurit Amerika Serikat yang gugur dalam Perang Vietnam. Tembok ini sendiri terbuat dari batu granit hitam yang didatangkan dari Bangalore, India. Tembok peringatan ini terdiri dari dua dinding yang ditata seperti huruf V jika dilihat dari atas. Titik tertinggi tembok ini adalah pada bagian pertemuan keduanya yang mencapai 3 meter.


Titanic Monument, Washington, D.C.


Siapa yang tidak familiar dengan kisah tragis kapal Titanic yang mengalami kecelakaan dan tenggelam dalam pelayaran pertamanya menuju Amerika pada tahun 1912. Kecelakaan kapal yang sebagian besar korban selamatnya adalah wanita dan anak-anak tersebut memiliki tempat sendiri yang membekas di hati banyak orang. Pada tahun 1931, Titanic Memorial didirikan di barat daya kota Washington DC untuk menghormati para pria yang merelakan nyawa mereka agar wanita dan anak-anak dapat diselamatkan dari kecelakaan tersebut.


Titanic Monument yang terletak di Washington Channel Park adalah salah satu dari banyak monumen yang dibangun untuk memperingati tragedi tenggelamnya kapal Titanic tersebut. Monumen ini dibuat dari granit merah dari Rhode Island dengan rancangan seorang seniman bernama Gertrude Vanderbilt Whitney dan dipahat oleh John Horrigan. Monumen berupa patung setinggi 13 kaki ini berbentuk seorang laki-laki yang setengah berpakaian dengan tangan terbuka, berdiri di atas dasar berbentuk persegi.


Mendapatkan Granit Terbaik


Granit dengan ketangguhan dan keindahannya menjadi pilihan menarik untuk menyempurnakan kemegahan berbagai jenis bangunan. Namun meskipun dari alamnya sudah kuat dan indah, granit tetap memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda-beda. Untuk produk granit terbaik dengan beragam jenis, warna dan corak, Anda dapat menemukan di supplier terpercaya, yakni Fagetti.


Fagetti menyediakan ratusan jenis granit dan marmer dengan total lebih dari 900 jenis yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia. Apapun kebutuhan Anda terkait granit, mulai dari desain, instalasi hingga perawatan dapat Anda percayakan pada Fagetti.


Baca juga: 7 Alasan Memakai Batu Alam untuk Rumah Idaman


Melalui #CreateYourPerfection, Fagetti menawarkan pembuatan desain batu granit yang menarik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dan keluarga. Pengerjaannya desain, instalasi hingga perawatan akan diproses dengan menggunakan teknologi tinggi dan dikerjakan oleh tenaga ahli di bidangnya. Fagetti akan menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan totalitas dan kesempurnaan.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia