• Fagetti

Berkenalan dengan Marmer Turki yang Kualitasnya Tak Kalah dari Marmer Italy

Updated: Oct 19, 2021



Di pasar marmer, kita bisa menemukan beragam pilihan marmer impor dari berbagai belahan dunia. Tapi dari semua jenis marmer impor, yang paling populer adalah marmer Italy dan marmer Turki. Mari mengenal lebih jauh marmer Turki yang memiliki corak, warna dan kualitas tak kalah dari marmer Italy.


Pengalaman menambang marmer selama ribuan tahun


Meski masih kalah populer dibandingkan marmer Italy, marmer Turki sejatinya sudah dikenal sejak lama. Sejarah mencatat, negara yang wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya hingga daerah Balkan di Eropa Tenggara ini sudah memproduksi marmer sejak 4000 tahun lalu. Artinya Turki sudah sangat berpengalaman dalam menambang dan mengolah batu marmer.

Marmer Turki telah digunakan secara luas seperti patung bersejarah, monumen dan arsitektur di zaman Yunani dan Romawi. Penggunaan marmer Turki di antaranya pada bangunan arena, amfiteater serta kuil Artemis yang dibangun di Yunani sekitar 550 SM.


Pemilik cadangan marmer terbesar di dunia


Turki tidak hanya memiliki sejarah panjang produksi marmer, tetapi juga memiliki cadangan marmer yang melimpah. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Pemerintah Turki menyebutkan, cadangan marmer Turki mencapai 5 miliar meter kubik. Angka tersebut setara dengan 30% dari total cadangan marmer dunia.


Baca juga: 10 Inspirasi Desain Bookmatch Marmer yang Memukau


Sekitar 90% dari tambang marmer terletak di bagian barat Turki, dengan Pulau Marmara, Aegean dan provinsi Afyon. Saat ini, Turki memiliki sekitar 700 tambang marmer dan 1.600 pabrik pengolahan. Jenis marmer yang dihasilkan oleh berbagai tambang di Turki sangat variatif baik dari segi warna dan pola.


Ekspor marmer ke 120 negara


Turki memiliki lokasi geografis yang menguntungkan. Selat Dardanella Turki memegang peranan yang sangat penting sebagai perairan internasional. Posisi Dardanella menjadi pintu gerbang lalu lintas perdagangan internasional antara Eropa dan Asia. Selain Dardanella, Selat Bosporus di Turki juga dikenal sebagai salah satu perairan internasional yang sangat penting.


Dengan kemudahan tersebut, marmer Turki dapat diekspor ke seluruh dunia. Saat ini setidaknya, Turki telah mengekspor marmer ke 120 negara. Pada tahun 2016, sektor batu alam Turki mengekspor USD 1,8 miliar. Angka ekspor ini melesat jauh dari 10 tahun sebelumnya yang baru mencapai USD 998 juta. Turki tercatat sebagai pemasok marmer dan granit terbesar ketiga di dunia.


Baca juga: Ini Faktor Penentu Harga Marmer Mahal atau Murah


Memproduksi ratusan jenis marmer


Setiap tambang di Turki menghasilkan jenis marmer dengan corak dan warna yang berbeda-beda. Setidaknya Turki memiliki lebih dari 250 jenis marmer. Dengan jenis yang sangat beragam, Turki bisa memberikan pilihan marmer yang lengkap bagi para pembeli di seluruh dunia.


Beberapa jenis marmer Turki yang terkenal di antaranya adalah Emperador Light Marble, Prokonnesos, Ultraman Marble dan Magnolia Marble. Marmer Turki memiliki sejumlah keunggulan seperti tekstur yang baik, jenis yang bervariasi, warna cerah dan pola yang indah.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Turki dengan Kualitas Terbaik


Reputasi yang tinggi dari segi kualitas


Dalam hal kualitas, marmer Turki mendapatkan reputasi yang tinggi di pasar dunia. Hal tersebut didukung dengan pengalaman Turki dalam menambang dan mengolah batu marmer selama ribuan tahun. Pengolahan marmer juga menggunakan mesin canggih yang berjalan secara otomatis.


Kualitas marmer Turki yang tinggi semakin sempurna dengan adanya ratusan jenis dan warna marmer yang bisa dipilih. Turki juga bisa memberikan kepastian pasokan marmer dalam jangka panjang karena cadangan marmernya sangat melimpah.


Dengan reputasi yang tinggi, marmer Turki mampu bersaing ketat dengan marmer dari negara lain seperti Italy, Spanyol, Yunani, China dan India.


Tempat beli marmer Turki di Jakarta


Untuk mendapatkan marmer Turki terbaik, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke negara tersebut. Anda bisa menemukannya di Fagetti, importir marmer yang sudah berpengalaman sejak tahun 1986. Fagetti mengimpor marmer dari seluruh negara di dunia, termasuk Turki. Anda akan mendapatkan pilihan yang lengkap karena berbagai jenis marmer impor Turki dapat ditemukan di perusahaan ini.


Selain marmer, Fagetti juga menyediakan batu alam lainnya seperti granit, onyx, travertine, sandstone, quartzite dan lain-lain. Untuk urusan pemasangan marmer, percayakan saja pada Fagetti. Pemotongan, pemolesan dan finishing marmer dikerjakan dengan mesin dan teknologi tercanggih dari Italy. Selain itu, Anda akan mendapatkan garansi produk dan pemasangan marmer selama tiga tahun.


Hubungi Fagetti melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359 untuk konsultasi tentang marmer Turki dan buat jadwal janji temu. Jangan ragu untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti.




69 views0 comments