• Fagetti

Cerdik Memilih dan Menggunakan Tangga Batu Alam dalam Desain Landscaping

Desain landscaping yang melibatkan penggunaan tangga batu alam merupakan pilihan terbaik untuk memberikan tampilan yang sesuai keinginan mulai dari elegan dan mewah, rustic dan natural, serta berbagai jenis tampilan lainnya. Mengapa Anda harus memilih batu alam serta jenis batu alam seperti apa yang cocok dipergunakan pada desain landscaping? Cari tahu tentang semua hal tersebut plus beberapa informasi lainnya hanya di sini.



Batu alam sebagai material tangga pada desain landscaping


Dalam membuat tangga sebagai bagian dari desain landscaping, ada berbagai jenis material yang dapat Anda pergunakan seperti kayu dan besi. Namun mengapa Anda perlu mempertimbangkan penggunaan batu alam?


Baca juga: Agar selalu Kekinian, Simak Prediksi Tren Interior 2021


Tampilan yang alami, natural, dan tentu saja menarik merupakan keuntungan utama. Namun di balik itu semua, terdapat beberapa alasan lain mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan batu alam dalam desain landscaping yaitu:

  • Perawatan mudah

Pada dasarnya perawatan tangga batu alam terbilang sangat mudah. Anda cukup membersihkannya secara rutin dari debu dan kotoran. Resiko tumbuhnya jamur dan lumut di musim penghujan terbilang sangat rendah sehingga keindahannya akan tetap terjaga setiap saat.

  • Sangat versatile

Batu alam tersedia dalam ragam varian bentuk, ukuran, tekstur, warna, dan jenis finishing. Artinya, Anda bebas memilih jenis batu alam yang mampu memberikan tampilan yang sesuai dengan tema yang diinginkan. Sebagai contoh, batu alam dengan permukaan atau tekstur yang kasar memberikan tampilan rustic yang tidak akan lekang oleh waktu

  • Kuat dan tahan lama

Batu alam merupakan jenis material yang kuat dan tahan terhadap terpaan elemen-elemen outdoor seperti angin, panas matahari, dan hujan. Hal ini membuat batu alam akan bertahan untuk waktu yang sangat lama. Tidak hanya itu, batu alam memiliki massa yang lebih besar dibandingkan material lainnya sehingga tidak akan mudah bergeser

  • Menambah nilai properti

Tampilan dari batu alam tidak hanya indah dipandang mata, namun juga mampu menambah nilai dari sebuah properti. Artinya, penggunaan batu alam sebagai bagian dari desain landscaping ataupun pada bagian eksterior dan interior rumah merupakan salah satu cara cerdik untuk berinvestasi.


Jenis batu alam yang cocok sebagai tangga pada desain landscaping


Jenis batu alam seperti apa yang cocok dipergunakan pada tangga dalam desain landscaping di rumah Anda? Mengingat kondisi dan area penggunaan batu alam tersebut, dapat disimpulkan bahwa Anda membutuhkan batu alam yang kuat, tahan terhadap elemen outdoor, tahan air atau memiliki pori-pori yang sangat rapat sehingga air tidak dapat masuk ke dalam celah-celahnya.


Dari sekian banyak pilihan yang ada, batu alam granit, limestone, dan sandstone merupakan pilihan terbaik. Ketiga jenis batu alam tersebut memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk mampu bertahan dari terpaan udara luar.


Granit memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Batu alam jenis ini merupakan pilihan yang tepat untuk dipergunakan pada hunian mewah atau pada bangunan bernilai komersil.

Limestone merupakan jenis batu yang sangat kuat dan tangguh. Batu ini memiliki tekstur menyerupai pasir halus yang membuatnya tidak licin sehingga aman bagi seluruh anggota keluarga.


Baca juga: 6 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Area Outdoor


Sandstone memiliki ragam pilihan warna sehingga Anda dapat memilih jenis yang paling sesuai dengan selera dan tampilan yang diinginkan. Sebagai salah satu jenis batu alam outdoor yang populer, kekuatan dan ketangguhan sandstone dalam menghadapi cuaca telah terbukti selama bertahun-tahun.


Penggunaan tangga dari batu alam


Penggunaan tangga dari batu alam pada desain landscaping memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan tangga batu alam pada area indoor. Pada umumnya ketinggian anak tangga berkisar di angkat 17-18 cm dengan lebar 22-24 cm. Berbeda halnya dengan tangga batu alam di area outdoor sebagai bagian dari landscaping. Tinggi setiap anak tangga pada area ini tidak boleh lebih dari 15 cm. Mengapa? Agar anak tangga tersebut tidak terlalu curam dan dapat didaki dengan mudah oleh siapa saja dari semua golongan usia tanpa harus berpegangan pada handrail ataupun dinding di sisi tangga tersebut.


Lebar atau jarak antar anak tangga juga perlu diperhatikan. Anak tangga yang terlalu lebar akan membuat para pengguna sedikit kesulitan dalam bergerak. Di sisi lain, jumlah anak tangga juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Dalam desain landscaping, jumlah anak tangga umumnya tidak terlalu banyak mengingat tingkat ketinggian tanah yang tidak terlalu berbeda jauh. Tangga dengan 3-4 anak tangga merupakan jumlah yang umum ditemukan.

Pertimbangkan untuk memberikan penerangan tambahan di area sekitar tangga tersebut. Penerangan ini akan memberikan tampilan tangga batu yang lebih dramatis dan pada saat yang bersamaan menerangi area tersebut di malam hari.



Secara garis besar, ada 3 gaya tangga batu alam yang dipergunakan yaitu:

  • Sawed

Jenis tangga batu alam ini memiliki bentuk persegi panjang yang telah dipotong pada bagian atas dan bawah. Umumnya dipergunakan di area yang sering dilalui (high traffic area)

  • Split

Jenis tangga batu alam yang satu ini telah dibelah secara hidrolik sehingga membentuk persegi panjang yang mampu mempertahankan bentuk alaminya pada seluruh permukaan. Jenis inilah yang umumnya dipergunakan pada anak tangga dan jalur pejalan kaki di sebuah taman.

  • Quarry

Jenis ini mengacu pada jenis tangga yang terbuat dari potongan batu alam berukuran besar yang ditata di atas tanah. Jenis tangga batu alam ini memiliki permukaan yang datar namun terlihat tidak teratur.


Pembelian batu alam sebagai bagian desain landscaping


Dalam proses penggunaan batu alam sebagai tangga pada desain landscaping, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, Anda perlu mempersiapkan desain landscape itu sendiri. Anda bisa membuat desain sendiri atau melibatkan bantuan tenaga professional untuk mendapatkan hasil terbaik yang sesuai dengan kontur tanah serta hasil yang diinginkan.


Baca juga: Kehadiran Sandstone menjadikan Interior dan Eksterior Rumah lebih Artistik


Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah material batu alam itu sendiri. Khusus untuk hal ini, pilihan terbaik jatuh pada Fagetti. Fagetti merupakan supplier batu alam terkemuka di tanah air yang siap memenuhi segala jenis kebutuhan Anda. Produk utama Fagetti adalah batu alam marmer dan granit dari segala tipe dan warna. Tidak hanya itu, Fagetti juga menyediakan lebih dari 900 jenis koleksi batu alam yang disediakan khusus untuk memenuhi setiap jenis kebutuhan baik untuk area indoor maupun outdoor.


Layanan dari Fagetti meliputi konsultasi, pemotongan dan pembentukan, serta pemasangan batu alam sesuai dengan permintaan klien. Kelebihan utama dari Fagetti adalah pengalaman dalam hal industri batu alam yang telah mencapai lebih dari 3 dekade. Dasar pengalaman ini digabung dengan peralatan berteknologi canggih yang dipergunakan dalam proses pemotongan memberikan hasil yang sempurna dan lebih efisien tanpa mengabaikan segi estetika, semuanya untuk kepuasan Anda! Anda bisa menghubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359.

7 views0 comments

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia