• Fagetti

Kehadiran Sandstone Menjadikan Interior dan Eksterior Rumah Lebih Artistik

Updated: Jan 19

Untuk interior dan eksterior rumah yang artistik, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan sandstone. Batu alam yang mudah dibentuk ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti pelapis lantai dan dinding hingga elemen dekoratif. Untuk mengetahui karakteristik dan seluk beluk sandstone, simak ulasan berikut ini.


Sebagai batu alam, sandstone terbentuk melalui proses yang panjang dan dalam jangka waktu yang sangat lama. Hal ini tentu saja menjadikan sandstone memiliki ketahanan yang baik dengan berbagai sifat-sifat batuannya. Ketahanan yang baik ini lah yang membuat sandstone cocok untuk dijadikan material untuk berbagai kebutuhan arsitektur.


Selain itu, kealamian sandstone tentunya memberikan nilai tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh material lain buatan manusia. Nilai ini juga akan memberikan keindahan yang apa adanya, namun menunjukkan kelas dan memperlihatkan orisinalitas. Menggunakan sandstone juga merupakan pilihan bijak untuk penggunaan tahan lama.

Tampilan yang natural dan netral


Salah satu keunikan sandstone adalah dari segi tampilan dan warnanya yang cenderung netral seperti kecoklatan, hitam, atau abu-abu. Ada pula sandstone yang memiliki warna-warna lembut seperti putih, biru, hingga merah muda. Meski demikian, sebagian besar sandstone memiliki warna kecoklatan yang mirip dengan warna pasir.


Baca juga: Wujudkan Rumah Mewah dan Berkelas dengan 5 Tips Ini!


Tampilan sandstone yang natural dan netral ini membuat sandstone cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sandstone akan mudah dipadukan untuk berbagai gaya desain dan dapat disesuaikan dengan berbagai pilihan warna ruangan. Selain itu, warna pada batuan ini juga tidak mudah luntur atau berubah karena penggunaan di luar ruangan sekalipun.


Mudah dibentuk sesuai kebutuhan


Meski merupakan batuan yang identik dengan kekuatan dan ketahanan, namun sandstone cukup mudah dibentuk untuk berbagai kebutuhan. Proses pengolahan seperti pemotongan dan pemahatan sandstone relatif lebih mudah daripada batuan lainnya. Selain itu sandstone juga cocok untuk berbagai jenis finishing sehingga fleksibel untuk digunakan.


Sifat sandstone ini menjadikan penggunaan sandstone menjadi sangat luas dalam bidang arsitektur dan bangunan. Batu ini dapat dibentuk menjadi tiang bangunan, hingga ornamen dekoratif seperti patung dan pahatan. Jangan lupa bahwa sandstone juga sangat cocok untuk berbagai desain cladding dan termasuk yang kuat dan tahan lama.


Cocok untuk interior dan eksterior


Sandstone dapat diaplikasikan pada desain interior maupun pada eksterior bangunan. Untuk penggunaan pada interior, misalnya pada dinding, sandstone yang akan digunakan biasanya akan dipoles terlebih dahulu. Namun, penggunaan sandstone untuk bagian lantai tidak disarankan karena batuan ini cenderung berpori dan rentan tergores.


Sementara pada bagian eksterior, sandstone cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Hal ini disebabkan karena sandstone memiliki ketahanan terhadap cuaca sehingga tidak mudah rusak meskipun untuk penggunaan di luar ruangan. Sandstone bahkan dapat digunakan untuk patung atau ornamen dekorasi taman.


Baca juga: Si Cantik Sandstone, Batu Alam yang Cocok untuk Interior dan Eksterior Rumah


Cocok untuk cladding


Cladding adalah sebuah teknik arsitektur yang dapat bermanfaat sebagai pelindung dinding eksterior. Untuk membuat cladding dibutuhkan material yang dapat melindungi dinding bangunan dari cuaca, baik dari dingin maupun panas. Oleh karena itu batu alam yang memiliki ketahanan seperti sandstone adalah material yang paling cocok untuk fungsi tersebut.


Di antara penggunaan sandstone yang paling umum adalah pemanfaatannya untuk cladding ini. Selain karena ketahanannya, sandstone juga unggul dari segi keindahan tampilannya dengan warna pasir atau warna-warna yang lembut. Hal ini membuat sandstone digemari karena cocok dengan banyak jenis desain.


Perawatan mudah


Sandstone tidak seperti beberapa jenis batu alam yang membutuhkan perawatan khusus dan rutin untuk mempertahankan keindahannya. Sekali pemasangan, sandstone dapat bertahan lama tanpa harus selalu rutin dirawat dan dibersihkan secara khusus. Hal ini sangat menguntungkan untuk penggunaan pada bagian luar ruangan.


Anda hanya butuh mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya pada saat instalasi karena butuh dikerjakan oleh profesional. Sementara perawatan khusus hanya perlu dilakukan sesekali saja, tidak sesering batu alam lainnya. Selain itu bentuk dan tekstur sandstone juga tidak akan mudah berubah dan rusak.


Permukaan anti-slip


Beberapa jenis sandstone, terutama yang berwarna merah dan merah muda umumnya memiliki sifat anti-slip yang alami. Hal ini membuat jenis sandstone tersebut sangat cocok untuk dijadikan material paving atau jalan setapak. Batuan ini akan aman bahkan jika diletakkan di sekitar tempat yang berdekatan dengan air, seperti di dekat kolam renang.


Selain itu, sandstone juga dapat digunakan pada pinggiran kolam ikan atau pancuran air. Batuan ini juga dapat dipadukan dengan batuan alam lainnya, seperti granit dan sebagainya untuk pembuatan dinding pada pancuran air atau kolam ikan. Perpaduan ini tentunya akan menghasilkan keindahan tersendiri.


Sesuai untuk segala jenis cuaca


Cuaca adalah hal yang paling berpengaruh dalam penggunaan batu alam pada bagian luar ruangan. Beberapa jenis batu alam cukup rentan terhadap perubahan cuaca, terutama pada tempat yang terlalu panas, atau terlalu dingin. Perubahan tersebut umumnya akan membuat batuan menjadi lapuk dan rusak sehingga berubah bentuk.


Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan sandstone karena batuan ini cenderung tahan terhadap cuaca. Apalagi di Indonesia yang iklimnya cenderung tropis di mana tidak pernah terlalu panas atau terlalu dingin. Menariknya, bahkan di negara empat musim sekalipun beberapa jenis sandstone dapat stabil pada suhu yang lebih panas atau dingin.


Baca juga: 6 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Area Outdoor


Temukan Sandstone Terbaik untuk Bangunan Anda di Fagetti!


Fagetti merupakan penyedia batu alam terlengkap yang menawarkan sekitar 900 jenis batu alam termasuk marmer, granit, dan sandstone. Bagi Anda yang tertarik menggunakan sandstone untuk kebutuhan arsitektur dan bangunan, Anda dapat menemukannya di Fagetti. Sandstone dan batu alam tersedia dalam berbagai pilihan. Semuanya dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.


Tahun ini, melalui #CreateYourPerfection, Fagetti akan membantu Anda mewujudkan kesempurnaan lewat penggunaan batu alam yang mewah. Anda dapat menentukan sendiri desain sesuai dengan kebutuhan dan preferensi dan Fagetti akan memprosesnya dengan teknologi termutakhir. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan Fagetti mulai dari pemasangan atau instalasi, hingga perawatan produk batu alam. Semuanya akan dikerjakan oleh profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hubungi Fagetti via WhatsApp di sini: Kirim Pesan ke Fagetti.

22 views0 comments