• Fagetti

Gordost Musulman, Masjid Terbesar di Eropa yang Berlapis Marmer Putih


Sumber: Alarabiya.net

Ada beberapa alasan penting di balik penggunaan marmer untuk masjid. Bukan sekedar tampilan mewah saja, tapi juga karena sifat marmer yang dingin sehingga membuat jemaah merasa lebih nyaman ketika melakukan sholat di dalam masjid. Tampilan mewahnya menjadi penanda akan keagungan dan kebesaran Allah. Salah satu contoh masjid yang menggunakan marmer adalah Masjid Gordost Musulman. Masjid ini merupakan masjid terbesar Eropa yang lokasinya ada di Chechnya.


Anda penasaran? Mari kita kupas tuntas keindahan Masjid Gordost Musulman bersama.


Sejarah Masjid Gordost Musulman


Masjid Gordost Musulman berlokasi di Chechnya, salah satu negara bagian Rusia. Tepatnya di kota Shali yang berjarak 33 km dari ibu kota Chechnya, Grozny. Peresmian masjid ini dilakukan oleh Presiden Ramzan Kadyrov pada Agustus tahun 2019. Sedangkan pembangunannya dimulai pada tahun 2016 silam. Nama masjid ini sendiri memiliki arti sebagai Kebanggaan Muslim. Beberapa orang juga menyebut masjid ini sebagai Masjid Agung Shali.


Baca juga: Batu Marmer yang Menghiasi Situs Paling Suci bagi Umat Islam


Dengan luas lahan 5,3 hektare, masjid ini resmi menjadi masjid terbesar di Eropa. Daya tampungnya mencapai 100 ribu jemaat. Bagian dalam ruangan dapat menampung 30 ribu jemaat, sedangkan 70 ribu jemaat lainnya di luar ruangan. Kapasitas jemaat masjid ini bahkan melebihi jumlah penduduk kota yang hanya sekitar 54 ribu jiwa saja.

Baca Juga: 7 Manfaat Penggunaan Marmer Pada Bangunan Masjid


Sekilas arsitektur Masjid Gordost Musulman


Dilihat dari kejauhan, desain Masjid Gordost Musulman ini jelas begitu megah dengan marmer serba warna putih dan aksen warna emas di permukaan kubah. Kubah utama masjid memiliki tinggi 40 meter. Sedangkan di keempat sudutnya terdapat menara yang masing-masing menjulang setinggi 63 meter.


Firma arsitektur yang mendesain masjid ini adalah FHL Kiriakidis Group yang berbasis di Drama, Yunani. Tim ini juga berperan sebagai produsen, pengolah, dan pemasang batu alamnya. Masjid ini dibangun dengan nuansa khas keindahan arsitektur Uzbekistan yang cukup populer dan banyak diterapkan pada bangunan penting, termasuk bangunan pemerintahan. Arsitekturnya sendiri adalah seorang warga negara Uzbekistan yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidangnya.


Ciri khas dari arsitektur Uzbekistan ini adalah kehadiran mosaik warna-warni yang menarik perhatian. Selain itu ada pula aksen berbentuk geometris yang sifatnya mengarah ke abstrak. Tidak ketinggalan, arsitektur Uzbekistan juga identik dengan kehadiran simbol-simbol keagamaan seperti kaligrafi Islami.


Berkenalan dengan marmer yang digunakan

Marmer yang digunakan untuk Masjid Gordost Musulman berjenis Thassos White. Sesuai dengan namanya, marmer ini berwarna putih. Kalaupun ada yang memiliki corak, coraknya akan sangat tipis dengan nuansa keabu-abuan. Namun untuk keperluan Masjid Gordost Musulman, marmer Thassos White telah melewati proses quality control ketat sehingga yang terpilih hanyalah yang berwarna putih bersih.


Pemilihan marmer Thassos White ini berdasarkan warna yang indah dan popularitasnya yang tinggi. Thassos White memiliki ciri khas warna putih yang berkilau mewah. Bahkan saat terkena paparan sinar matahari, kilaunya semakin menawan saja bagaikan berlian yang berpendar.


Warna putih juga kerap dikaitkan sebagai simbol kesempurnaan, kemurnian, kesucian, kejujuran, dan awal yang baru. Ditambah lagi dengan marmer yang super awet dan melambangkan keabadian. Hal tersebut benar-benar cocok untuk menghiasi sebuah rumah ibadah. Di samping itu, marmer berwarna putih dinilai mampu menonjolkan ciri khas dari arsitektur Uzbekistan yang warna-warni.


Produksi marmer Thassos White


Bukan main, jumlah marmer Thassos White yang digunakan untuk Masjid Gordost Musulman ini mencapai 36 ribu ton. Sekedar informasi, marmer Thassos White sudah tergolong cukup langka jumlahnya.


Seluruh marmer tersebut ditambang dari tambang milik FHL Kiriakidis. Lokasi tambangnya ada di sebuah pulau kecil di bagian utara Yunani. Marmer yang ditambang diolah ke dalam ukuran yang besar dan berbobot berat. Khusus untuk cladding, marmer diproses menjadi slab dengan ketebalan 3 cm. Proses produksi dilakukan di pabrik di Drama, Yunani. Marmer-marmer ini kemudian dikirim ke Chechnya melalui jalur darat via kota Tesalonika menggunakan truk. Untuk urusan instalasi marmer, setidaknya ada 250 pekerja profesional yang dilibatkan.


Baca juga: 7 Manfaat Penggunaan Marmer Pada Bangunan Masjid


Detail desain marmer marjid

Sumber: Commons.wikimedia.org

Inilah tampilan detail dari bagian dalam Masjid Gordost Musulman. Bagian langit-langitnya membentuk kubah raksasa seperti yang tampak dari sisi luar masjid. Kubah ini ditopang oleh pilar-pilar marmer dengan aksen pahatan. Saat melihat ke atas, terdapat ornamen mosaik berwarna cerah yang menambah kemegahan interior masjid.


Nuansa arsitektur khas Uzbekistan juga ditampilkan pada karpet, yakni pola geometris abstrak yang sifatnya simetris. Pemilihan warna dasar biru membuat suasana masjid jadi semakin syahdu dan damai.


Baca juga: Ibadah di Masjid Jadi Lebih Sejuk Berkat Marmer

Sumber: Floorcoveringweekly.com

Desain tangga di dalam masjid pun tidak sembarangan didesain. Railing tangga berbentuk slab yang dilengkapi dengan aksen berlubang. Bentuk aksen ini abstrak simetris di keempat sudut masing-masing slab. Sedangkan di bagian tengahnya terdapat pola mandala menyerupai bunga yang berlapis warna emas. Celah-celah pada railing tangga ini menjadikan suasana masjid lebih terang dan lapang.


Jendela-jendelanya berukuran besar dengan bentuk meruncing pada bagian atas. Pada bagian ini pula, terdapat kaca mosaik warna-warni yang menghasilkan bayangan cantik ketika terkena sinar matahari. Pada dinding bagian atas jendela terdapat aksen abstrak simetris lagi yang nampak membingkai masing-masing jendela.

Sumber: Tripadvisor.com

Tampak depan, masjid ini memiliki gerbang raksasa berbentuk persegi dengan potongan ala kubah di bagian tengahnya. Gerbang ini dihias dengan aksen abstrak yang simetris juga. Pada bagian atas terlihat kaligrafi Islami yang menggunakan tinta keemasan. Sekeliling masjid diramaikan oleh taman, pohon, dan kolam yang memanjakan mata para jemaatnya.


Temukan supplier marmer masjid terbaik


Keindahan dan kemegahan Masjid Gordost Musulman tentunya menarik perhatian Anda. Bahkan bisa menginspirasi Anda dalam mewujudkan desain bangunan masa depan. Tapi apakah bisa mendapatkan marmer import terbaik untuk masjid?


Tentu bisa, jika Anda menyampaikan keinginan tersebut pada Fagetti. Kami adalah importir batu alam berkualitas dari mancanegara seperti marmer, travertine, sandstone, dan sebagainya. Setidaknya ada lebih dari 900 jenis batu alam yang tersedia, termasuk yang langka sekali pun.


Fagetti juga menyediakan layanan untuk pemotongan dan pemasangan marmer pada bangunan Anda. Tim produksi kami dikepalai oleh profesional dari Italia. Begitu pula dengan mesin yang digunakan untuk memotong marmer ke dalam bentuk yang Anda inginkan. Teknologi mesin tercanggih asal Italia akan menghasilkan potongan yang presisi dan akurat. Bahkan dalam bentuk yang sangat rumit.


Hubungi Fagetti di nomor WhatsApp 0811-8887-359 untuk janji temu dan pilihlah marmer Thassos White yang serupa seperti milik Masjid Gordost Musulman. #CreateYourPerfection bersama Fagetti, pancarkan kemewahan melalui batu alam terbaik di kelasnya!

21 views0 comments