• Fagetti

Yuk, Hadirkan Dinding Aksen Nan Estetik dengan Material Batu Alam!

Dinding aksen atau yang sering disebut feature wall merupakan salah satu aspek dekoratif dalam sebuah hunian. Selain sebagai aspek dekoratif, dinding aksen juga dapat dijadikan sebagai focus of attention dalam sebuah ruangan. Salah satu material yang sering digunakan untuk membuat dinding aksen yang estetik adalah batu alam. Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membuat dinding aksen dengan material batu alam.


Pengertian Dinding Aksen


Dinding aksen adalah dinding dengan warna, pola, tekstur, ataupun bentuk yang berbeda dari dinding yang lain. Dinding aksen dapat dipergunakan dalam segala jenis ruangan mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur.

Dinding aksen menawarkan berbagai jenis keuntungan yaitu:

  • Sebagai aspek dekorasi ruangan

  • Cara mudah untuk meng­-upgrade tampilan sebuah ruangan dengan biaya terjangkau

  • Menjadikannya sebagai focus of attention sebuah ruangan

  • Mempertegas tampilan dan fungsi sebuah area.

Anda dapat memanfaatkan dinding aksen untuk mempertegas fungsi dari sebuah area, terutama area dalam hunian yang menggunakan konsep open space. Dinding aksen dapat dimanfaatkan sebagai pembatas visual yang memisahkan antara satu area dengan area lain misalnya antara area makan dengan area ruang keluarga.


Baca juga: Wujudkan Rumah Mewah dan Berkelas dengan 5 Tips ini!


Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Dinding Aksen


Anda tertarik untuk membuat dinding aksen? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam pembuatan dinding aksen yang super keren:


1. Pemilihan dinding yang akan dijadikan dinding aksen


Dari ke empat dinding dalam sebuah ruangan, dinding sebelah mana yang akan Anda jadikan sebagai feature wall? Ada beberapa cara untuk menentukan hal ini. Pertama, pilihlah dinding yang pertama kali Anda lihat saat memasuki ruangan tersebut. Kedua, pilihlah dinding yang memiliki fitur desain khusus seperti perapian, jendela, atau sisi dinding di mana furniture utama dalam ruangan tersebut berada seperti TV, tempat tidur, atau meja kerja.


2. Pemilihan ruangan yang akan diberikan dinding aksen


Pada dasarnya, dinding aksen dapat diterapkan di semua jenis ruangan. Namun, bila Anda masih merasa bingung, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan.


Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan adalah ukuran ruangan. Tidak disarankan untuk menggunakan dinding aksen dalam ruangan kecil. Hal ini justru akan membuat ruangan tersebut terlihat lebih kecil. Dalam ruangan seperti ini, akan jauh lebih baik untuk menutupi seluruh dinding dengan warna atau pola yang sama.


Hal kedua yang perlu menjadi pertimbangan adalah dekorasi ruangan secara keseluruhan. Hindari memasang dinding aksen dalam sebuah ruangan yang telah memiliki banyak dekorasi misalnya lukisan, foto, ataupun lemari pajangan. Apabila terlalu banyak aspek dekorasi yang dipergunakan dalam satu ruangan yang sama, hal tersebut justru akan membuat ruangan terasa penuh dan kacau. Ingat, prinsip utama dari dinding aksen adalah menjadikannya sebagai focus of attention dalam sebuah ruangan.


3. Pemilihan warna


Pada dasarnya, Anda bebas dalam memilih warna, pola, ataupun tekstur yang akan dipergunakan pada dinding aksen. Namun, apapun warna yang Anda pilih, pastikan warna tersebut mampu melengkapi dan berpadu manis dengan seluruh ruangan. Penggunaan warna yang super terang dan berani akan terlihat lebih menarik bila warna tersebut mampu berbaur dengan ruangan.


Pembuatan dinding aksen dengan warna yang berbeda dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari penggunaan cat dinding, wallpaper, ataupun dengan menggunaan batu alam. Penggunaan cat dinding merupakan pilihan termudah dan dapat dilakukan oleh semua orang tanpa menggunakan jasa professional.


4. Pemilihan tekstur


Tekstur merupakan salah satu aspek desain inteirior yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Ada berbagai cara untuk menampilkan tekstur dalam sebuah ruangan, misalnya melalui penggunaan karpet berbulu, penggunaan furniture yang super mengkilat, atau melalui dinding aksen.


Penambahan tekstur pada dinding aksen dapat dilakukan dengan berbagai cara. Penggunaan wallpaper adalah salah satu diantaranya. Wallpaper tersedia dalam beragam jenis warna dan tekstur yang dapat dipilih sesuai selera masing-masing. Bila Anda menginginkan tampilan yang lebih dramatis dan unik, maka pilihan terbaik jatuh pada penggunaan material alam. Sebagian orang memilih untuk menggunakan kayu yang memberikan kesan hangat dan mampu berbaur dengan warna lainnya dalam ruangan.


Selain kayu, Anda juga dapat menggunakan batu alam. Batu alam menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh material lainnya. Dari segi tekstur, Anda dapat menemukan batu alam dengan tekstur yang halus dan mengkilat seperti marmer dan granit, dan untuk tekstur yang lebih bergelombang dan tidak rata, Anda dapat menggunakan sandstone.


5. Material


Ada berbagai jenis material yang dapat dipergunakan untuk membuat dinding aksen. Anda dapat menggunakan cat, wallpaper, kain, kayu, bambu, hingga batu alam. Masing-masing material memiliki fitur yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.


Dari sekian banyak pilihan tersebut, material batu alam memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh material lain. Jenis batu alam yang dapat dipergunakan sebagai dinding aksen sangat beragam seperti onyx, travertine, granit, marmer, sandstone dan lain-lain. Dari segi warna, pilihan warna yang ada juga sangat beragam mulai dari warna netral seperti hitam dan putih, hingga warna-warna terang seperti merah dan kuning.


Tidak hanya warna, corak batu alam juga sangat beragam. Sebagian memiliki corak yang lembut dan halus, sementara sebagian lagi memiliki corak dan pola vein yang sangat menonjol. Tidak ada dua bongkahan batu alam yang sama persis, artinya tampilan yang diberikan akan berbeda satu sama lain, walaupun menggunakan jenis batu alam yang sama.

Baca juga: 7 Alasan Memakai Batu Alam untuk Rumah Idaman


Material Batu Alam untuk Dinding Aksen


Jenis batu alam yang dapat dipergunakan sebagai dinding aksen sangat beragam, beberapa di antaranya adalah:

  • Basalt, dengan warna gelap yang dapat dipergunakan untuk area indoor dan outdoor.

  • Granit, yang dikenal super kuat, tangguh, dan dapat dipergunakan untuk area indoor dan outdoor.

  • Slate, dikenal dengan tampilan yang elegan, daya tahan tinggi, serta tahan air

  • Limestone, dikenal dengan varian warna yang luas mulai dari putih, beige, hingga warna coklat. Jenis batu alam ini juga memiliki tekstur yang beragam.

  • Bluestone, dikenal dengan corak atau sentuhan warna biru pada setiap bongkahannya. Umumnya dipergunakan pada bangunan komersial.

  • Marmer, dikenal dengan tampilan yang elegan dan berkesan mewah. Marmer juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, dimana marmer putih menjadi favorit banyak orang.

Baca juga: Batu Alam jadi Pilihan Terbaik untuk Material Cladding

Batu alam dapat dipergunakan sebagai bahan utama pembuatan dinding aksen atau dijadikan sebagai wall cladding pada dinding aksen tersebut. Apapun pilihannya, proses pemasangan batu alam tidak dapat dilakukan sembarangan. Untuk hasil yang maksimal, serahkan proses pemasangan batu alam kepada para professional seperti Fagetti.


Fagetti merupakan supplier batu alam premium terpercaya yang menyediakan ratusan jenis batu alam untuk kebutuhan Anda. Selain sebagai supplier, Fagetti juga siap membantu Anda dalam proses pemasangan serta perawatan batu alam untuk memastikan keindahan dan keawetan batu alam tetap terjaga untuk waktu yang lama.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia