• Fagetti

Ide Penggunaan Batu Alam untuk Ruang Kantor Agar Semangat Kerja

Updated: Jan 19

Batu alam bisa menjadi pilihan material untuk bangunan perkantoran, baik bangunan kantor komersial maupun home office. Ide penggunaan batu alam di kantor juga tidak terbatas dan Anda dapat bebas bermain dengan imajinasi masing-masing. Anda dapat memadukan berbagai jenis batu alam seperti marmer, granit, travertine, onyx, limestone dan quartzite. Berikut ini beberapa ide penggunaan batu alam untuk memperindah kantor.

Meja kerja


Meja kerja dari granit memberikan tampilan yang berkelas dan juga professional pada sebuah ruangan. Granit itu sendiri dikenal sebagai material alam yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah rusak, terutama bila dibandingkan dengan meja kerja dari material lain seperti kayu. Untuk membantu permukaan meja kerja granit tetap mulus dan bebas noda, Anda perlu mempergunakan alas khusus untuk meletakkan peralatan kerja seperti laptop dan keyboard, hingga alas untuk gelas minum Anda.


Ukuran, bentuk dan desain meja kerja granit itu sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Anda dapat memilih bentuk meja kerja klasik, L-shaped ataupun custom built yang dibuat untuk kebutuhan tertentu. Untuk pembuatan meja kerja granit custom built seperti ini, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan supplier batu alam terpercaya, untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.


Coffee table


Manjakan pandangan mata para tamu dan klien yang datang berkunjung ke kantor Anda dengan sebuah coffee table cantik dari batu alam. Anda dapat mempergunakan batu alam dengan warna dan motif yang serupa dengan meja kerja, atau memilih warna lain yang sesuai dengan desain ruangan.. Untuk tampilan professional, pilih warna netral seperti putih, hitam, ataupun coklat. Jenis batu alam yang dapat dipergunakan sebagai coffee table sangat beragam dengan batu alam marmer sebagai pilihan favorit. Marmer sudah lama dikenal sebagai material yang memberikan kesan mewah dan elegan, sehingga tidak heran bila material ini menjadi salah satu pilihan utama untuk dipergunakan dalam ruangan dengan settingan suasana professional.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan


Tabletops


Tabletops merupakan salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari sebuah kantor. Berbeda halnya dengan meja kerja, tabletops di ruangan konferensi atau ruangan rapat memiliki frekuensi dan intensitas yang rendah dalam hal penggunaan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu menaruh perhatian khusus dalam memilih batu alam untuk tabletops. Anda membutuhkan material yang kuat, tangguh, dan juga tahan lama. Selain granit, jenis batu alam yang tepat untuk penggunaaan ini adalah Travertine. Travertine merupakan jenis batu alam yang tergolong kuat dan tahan lama dengan harga yang tergolong lebih terjangkau.

Windowshill


Batu alam juga dapat dipergunakan sebagai windowshill di kantor Anda. Windowshill yang terbuat dari granit atau quartz akan memberikan sentuhan gaya modern klasik yang tidak pudar oleh waktu pada struktur jendela. Pada saat yang bersamaan, fitur yang satu ini juga menjadi bagian dari dekorasi kantor secara keseluruhan. Warna dan corak batu alam yang dipergunakan sebagai windowshill hendaknya serupa dan serasi dengan warna jendela serta dinding ruangan yang umumnya menggunakan warna netral seperti putih dan. Warna-warna netral tersebut menjadi pilihan utama untuk beberapa alasan termasuk diantaranya adalah mampu menciptakan tampilan yang terkesan rapi dan bersih, serta dapat membuat klien merasa lebih nyaman saat berkunjung ke kantor Anda. Batu alam Onyx menjadi salah satu pilihan terbaik batu alam sebagai windowshill.


Baca juga: Berkenalan dengan Onyx, Si Cantik Tembus Cahaya


Lantai ruangan kantor


Batu alam juga dapat dipergunakan sebagai lantai ruangan di kantor Anda. Beberapa jenis batu alam memiliki kemampuan untuk menahan panas sehingga ruangan akan tetap terasa hangat dan nyaman dalam cuaca dingin sekalipun. Keindahan batu alam yang mempesona dapat ditonjolkan dengan tidak menggunakan alas lantai dalam bentuk apapun. Dengan perawatan yang tepat, batu alam sebagai lantai ruangan mampu bertahan lama tanpa kehilangan pesonanya. Khusus untuk penggunaan ini, pastikan untuk memilih batu alam yang super kuat dan jangan lupa untuk mengaplikasikan sealer lebih sering untuk melindungi batu alam dari kerusakan.


Wall cladding


Pilihan lain dalam penggunaan batu alam di kantor adalah sebagai wall cladding atau penutup dinding. Penggunaaan batu alam sebagai wall cladding dapat diterapkan bukan hanya di dalam namun juga di luar ruangan sebagai bagian eksterior bangunan. Apabila dipergunakan sebagai wall cladding di luar ruangan kantor, batu alam akan membantu menahan panas terik matahari sehingga ruangan di dalam kantor tetap terasa nyamann.


Tidak hanya itu, wall cladding pada bagiann eksterior bangunan kantor juga akan memberikan tampilan yang unik pada bangunan tersebut. Tampilan yang unik tersebut berasal dari setiap potongan batu alam yang berbeda satu sama lain dalam pola vein, gradasi warna, serta corak. Selain itu, tersedia ragam pilihan gaya, warna, dan pola batu alam yang tersedia untuk dipilih.


Dinding aksen


Anda juga dapat menggunakan batu alam sebagai dinding aksen di sebuah kantor. Dinding aksen seperti ini dipergunakan untuk menonjolkan salah satu aspek atau bagian tertentu dari sebuah bangunan kantor seperti di lobi atau ruang konferensi. Pola penyusunan batu alam sebagai dinding aksen serta warna batu alam itu sendiri dapat disesuaikan dengan logo, nilai, ataupun semangat yang diusung oleh kantor tersebut.


Baca juga: Yuk, Hadirkan Dinding Aksen Nan Estetik dengan Material Batu Alam


Perpaduan batu alam dengan material lainnya


Penggunaan batu alam dalam ruangan kantor akan terlihat lebih menarik apabila dipadukan dengan material lainnya. Hindari penggunaan batu alam untuk seluruh bagian kantor, karena hal ini justru dapat memberikan tampilan yang kaku dan dingin. Salah satu keuntungan dari batu alam adalah kemudahannya untuk dipadukan dengan material lainnya.


Sebagai contoh, perpaduan batu alam dengan batu bata ekspos sebagai dinding ruangan kantor memberikan kesan elegan pada ruangan yang bertema industrial. Kedua material tersebut terlihat kontras dari segi tampilan dan tekstur namun hal tersebut justru membuatnya terlihat lebih menarik.


Batu alam juga dapat dipergunakan dengan material lain seperti kaca dan stainless untuk memberikan kesan ruangan yang modern. Untuk tampilan yang lebih hangat dan terkesan klasik, paduan antara batu alam dan kayu menjadi pilihan terbaik. Artinya, apapun tampilan atau gaya desain interior yang Anda pilih untuk kantor Anda, batu alam memiliki tempat didalamnya.


Mengingat kebutuhan kantor yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, bentuk dan desain batu alam yang dipergunakan didalamnya juga akan berbeda dengan kantor lainnya. Untuk itu, sangatlah penting untuk memilih supplier batu alam yang mampu mewujudkan apapun keinginan kebutuhan Anda. Supplier batu alam terpercaya yang bisa menjawab tantangan dan memenuhi ekspektasi tinggi para desainer adalah Fagetti. Dengan pengalaman puluhan tahun sebagai supplier batu alam premium, serta dukungan mesin dan teknologi canggih untuk mengolah batu alam menjadikan Fagetti sebagai salah satu partner terpercaya untuk memenuhi segala kebutuhan batu alam Anda. Hubungi Fagetti via WhatsApp dengan klik link berikut ini: Kirim Pesan ke Fagetti.

17 views0 comments