• Fagetti

Inspirasi Desain Kolam Renang Mewah, Salah Satunya Pakai Travertine!

Updated: Aug 23



Kolam renang pada rumah mewah biasanya dibuat dalam ukuran besar dengan desain yang tidak kalah mewah. Hal ini diperlukan supaya tampilan rumah senada. Desain kolam renang mewah beraneka ragam, mulai dari yang modern, menggunakan material mewah, hingga dilengkapi dengan teknologi canggih. Inilah ragam desain kolam renang mewah.


Infinitypool


Infinity pool merupakan desain kolam renang yang bagian ujungnya didesain seakan tidak memiliki tepi atau batas. Alhasil, kolam renang terlihat seperti menyatu dengan keadaan di sekitarnya. Kolam renang yang mewah ini biasanya ditemukan di hotel-hotel berkelas.


Posisinya ada di bagian atas bangunan dan menghadap ke pemandangan alam atau kota.

Kolam renang ini cocok diterapkan pada rumah mewah yang berada di pedesaan, pinggir laut, serta di pusat kota. Supaya kesan infinity-nya lebih sempurna, kolam renang ini harus dibuat di lantai atas.


Baca Juga: Cermati Efek Psikologi pada Warna-warna Marmer


Kolam renang skylight


Rumah di perkotaan kerap memiliki permasalahan terkait lahan yang terbatas. Tidak jarang, lahan rumah mewah perlu ditata seefisien mungkin. Misalnya Anda mau memiliki taman dan kolam renang sekaligus. Namun halaman belakang luasnya terbatas. Maka pilihannya adalah menjadikan halaman belakang sebagai taman seutuhnya dan membuat kolam renang skylight (di atap).


Kolam renang skylight ini pada dasarnya berada di atap, namun bagian bawahnya menggunakan material kaca. Dengan demikian orang di dalam rumah bisa melihat siapa yang sedang berenang. Cahaya matahari pun bisa menyeruak ke dalam rumah dan memantulkan bayangan yang indah. Semakin mewah saja deh rumah Anda.


Kolam renang skylight ini cocok dengan rumah mewah bergaya modern minimalis. Lantaran bentuk atap rumah ini mendatar dan konstruksinya menggunakan beton yang amat kokoh. Apabila Anda tertarik membuat kolam renang skylight, perhatikan kualitas kaca agar keselamatan penghuni terjaga.


Whirlpool


Kolam renang mewah berikutnya adalah whirlpool. Kolam ini cocok untuk Anda yang ingin bermain air untuk meredakan panas, tapi tidak mau berenang. Whirlpool ini memiliki ciri khas pada aliran air yang cukup kencang, layaknya Jacuzzi. Sambil berendam menyejukkan tubuh, Anda bisa menikmati pijatan air. Ukuran whirlpool juga kecil sehingga bisa ditempatkan di sudut teras atau halaman belakang.


Whirlpool akan tampak semakin mewah dan berkelas apabila didekorasi dengan baik. Misalnya menggunakan batu alam di sekelilingnya atau tambahkan lampu sorot dari dalam kolam.


Plunge pool


Alternatif lain selain whirlpool adalah plunge pool. Kolam renang mewah yang satu ini memiliki ukuran kecil juga. Perbedaannya dengan whirlpool adalah plunge pool dibuat tanpa aliran air. Jadi, plunge pool ini benar-benar untuk berendam dan bermain bersama keluarga saja.


Supaya plunge pool semakin nyaman untuk berendam, biasanya di bagian dalam ada dudukan yang dibuat permanen. Material yang digunakan adalah keramik. Bentuk plunge pool sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang yang persegi, ada yang bundar. Kedalamannya dibuat pas untuk duduk santai, sekitar 60 hingga 100 cm.


Spool


Apakah Anda tergolong sering pergi ke tempat spa untuk memanjakan diri? Kalau begitu, mengapa tidak membuat kolam renang + spa sendiri di rumah? Kolam renang yang mewah ini bernama spool. Kolam renang berukuran luas yang bisa digunakan untuk olahraga ini dilengkapi dengan fasilitas spa.


Kolam renang spool ini dilengkapi dengan aliran air untuk sensasi pijit dan tempat duduk. Selain itu, ada fitur pemanas air juga. Mau rileksasi di malam hari usai bekerja pun terasa nyaman!


Baca Juga: Penggunaan Marmer dalam Feng Shui Mewakili Elemen Tanah


Kolam renang indoor


Kolam renang indoor cukup umum ditemukan pada rumah mewah. Desainnya beragam. Ada yang modern minimalis, ada yang dihias dengan aneka dekorasi mewah. Kolam renang indoor digemari karena memungkinkan pemiliknya untuk berenang tanpa paparan sinar matahari. Kulit tidak terbakar, suhu udara pun lebih sejuk. Tingkat privasinya pun lebih tinggi karena berada di dalam rumah.


Apabila ingin membuat kolam renang indoor, luas lahan jelas perlu dipertimbangkan. Begitu juga dengan sistem pengairannya.


Kolam freeform


Rumah mewah yang memiliki halaman belakang luas, coba gunakan desain kolam renang freeform. Sesuai dengan namanya, bentuk kolam renang ini tidak beraturan. Desain yang satu ini paling sempurna untuk dijadikan tema alami. Dibuat seakan-akan kolam yang dibentuk oleh alam.


Untuk menambah kesan mewah eksklusif nan alami, hias sekeliling kolam renang dengan tanaman hijau dan air terjun mini. Sambil berenang, mendengarkan gemericik air, dan menikmati pemandangan asri. Sangat damai!


Kolam renang dengan sentuhan travertine


Bicara soal desain kolam renang, material yang digunakan ternyata memiliki pengaruh untuk menampilkan kemewahan. Salah satu material mewah yang populer untuk desain kolam renang adalah travertine. Batu alam yang satu ini memiliki tampilan mewah yang kuno. Biasanya diaplikasikan pada permukaan dek dan dinding yang bersebelahan dengan kolam renang.


Pemilihan travertine sebagai material kolam renang bukan tanpa alasan. Tekstur travertine memiliki sifat anti slip, yakni sedikit kasar. Karakteristik ini penting untuk area kolam renang yang selalu basah dan rawan membuat orang tergelincir. Permukaan travertine membuat kaki telanjang lebih mudah mencengkeram lantai. Selain itu, travertine tidak menyerap panas. Sangat cocok untuk kolam renang outdoor.


Sedangkan untuk dinding, biasanya ada dekorasi yang dibuat dari travertine juga. Hal ini dikarenakan batu alam travertine mudah dipotong dan dibentuk sesuai keinginan. Untuk Anda yang ingin memiliki kolam renang mewah bergaya minimalis atau pun ala Mediterania, disarankan memilih material travertine.


Baca Juga: 7 Alasan Batu Alam Travertine Cocok untuk Area Outdoor


Cari travertine untuk kolam renang


Nama travertine mungkin masih terdengar asing untuk masyarakat Indonesia, dibandingkan dengan marmer atau granit. Meski demikian, ada sejumlah importir batu alam yang memasok travertine ke Indonesia. Salah satunya adalah Fagetti.


Fagetti sudah bergerak di bidang impor batu alam sejak tahun 1986. Setidaknya ada 900 jenis batu alam yang disediakan, termasuk travertine. Batu alam Fagetti memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Rumah mewah Anda pun akan tampil semakin sempurna.

Untuk kebutuhan kolam renang Anda, Fagetti siap membantu pemilihan travertine tersebut. Urusan memotong, memasang hingga perawatan travertine juga dapat diserahkan kepada Fagetti.


Segera hubungin tim kami, utarakan keinginan Anda, dan #CreateYourPerfection dengan Fagetti. Penuhi kebutuhan travertine untuk kolam renang dan rumah mewah Anda, percayakan pada ahlinya! Hubungi Fagetti via WhatsApp 0811-8887-359.

13 views0 comments