• Fagetti

Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Hunian Tepi Pantai

Hunian di pinggir pantai menawarkan pesona yang tidak ada tandingannya. Namun, membangun hunian di area ini memberikan tantangan tersendiri, utamanya dalam pemilihan material yang mampu bertahan terhadap terik matahari serta percikan air laut dengan kandungan garam yang tinggi. Secara umum, garam dapat membawa dampak buruk terhadap tampilan material tertentu, termasuk batu alam.


Tentu saja hal ini perlu menjadi bahan pertimbangan apabila Anda ingin membangun hunian di pinggir pantai atau mungkin membangun kolam renang air asin. Pastikan material yang dipergunakan merupakan material yang mampu bertahan terhadap efek korosi dari air laut dan garam.


Dampak negatif garam terhadap material konstruksi


Sebelum berlanjut pada jenis batu alam yang cocok untuk hunian pinggir pantai ataupun untuk kolam renang air asin, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu dampak negatif dari garam terhadap material konstruksi.


Baca juga: Batu Alam Jadi Pilihan Terbaik untuk Material Cladding


Garam merupakan mineral utama yang terdapat dalam air laut. Dalam jangka panjang, kadar garam dalam air laut dapat membawa dampak negatif yang disebabkan oleh beberapa alasan yaitu:

  • Kristal garam akan terperangkap di permukaan batu alam, dan mengurangi tingkat kekuatan batu alam tersebut

  • Garam akan masuk dan meresap ke dalam pori-pori batu dan meninggalkan residu yang menyerupai kapur berwarna putih

  • Air garam yang masuk ke dalam batu akan menciptakan rongga dan kantong-kantong yang secara tidak langsung melemahkan kekuatan dan daya tahan batu tersebut dalam jangka panjang.

Batu alam yang tahan terhadap garam


Bila Anda ingin menggunakan batu alam untuk hunian pinggir pantai, pastikan untuk memilih batu alam yang mampu bertahan terhadap garam, dan jenis batu alam tersebut adalah:

  • Sandstone

Sandstone termasuk jenis batu sedimenter. Batu alam yang satu ini terbentuk di dalam air dan tersusun dari berbagai komponen termasuk quartz dan ragam mineral lainnya. Sandstone dikenal dengan tampilan yang menawan, kuat, dan juga tahan terhadap paparan garam ataupun air laut. Tidak heran bila sandstone sangat populer dipergunakan sebagai batu alam untuk area outdoor, dan dalam hal ini untuk hunian yang berada di pinggir pantai.

  • Granit

Batu alam granit dikenal sebagai sebagai batu alam yang super kuat. Granit terbentuk dari susunan beberapa jenis mineral seperti mica, quartz, dan feldspar. Salah satu karakteristik dari granit adalah pori-pori yang sangat rapat (porosity level rendah) sehingga kandungan mineral garam tidak dapat masuk ke dalam dan merusak struktur batu tersebut.


Granit menjadi salah satu batu alam terbaik untuk dipergunakan pada area hunian pinggir pantai berkat sifatnya yang tahan terhadap garam, kuat, tahan lama, dan tentu saja memiliki tampilan yang menawan, elegan, dan mewah. Mempergunakan granit bukan hanya akan memberikan tampilan yang wow, namun juga dapat membantu meningkatkan nilai dan daya jual properti.


Baca juga: 9 Alasan Anda Harus Menggunakan Batu Granit untuk Hunian

  • Travertine

Travertine merupakan jenis batu sedimentary dengan kandungan mineral calcium carbonate. Batu alam travertine merupakan salah satu jenis batu alam yang populer untuk penggunaan interior dan eksterior. Permukaannya yang anti licin dan tahan terhadap garam membuatnya cocok dipergunakan di area outdoor pada hunian atau bangunan pinggir pantai.

  • Limestone

Limestone termasuk jenis batu sedimentary yang dapat ditemukan pada perairan dangkal. Tampilannya yang cantik dan menawan, serta ketahanannya terhadap elemen outdoor terutama garam membuatnya banyak dipergunakan bukan hanya untuk area outdoor dari sebuah bangunan, namun juga pada area indoor.


Perawatan dan perlindungan batu alam dari garam


Untuk menjaga batu alam yang dipergunakan pada hunian pinggir pantai ataupun pada kolam renang air asin tetap terjaga, setidaknya ada 2 hal yang dapat dilakukan yaitu pemberian atau aplikasi sealer khusus, serta membuat sistem drainase yang baik.

  • Coating khusus

Aplikasi coating atau lapisan pelindung khusus batu alam pada hunian pinggir pantai dan kolam renang air asin merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun, dalam situasi dan kondisi seperti ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Hal-hal tersebut berupa kadar garam yang sudah ada pada batu alam sebelum proses coating dilakukan, jarak dengan laut, serta tipe dan kualitas batu alam yang dipergunakan.


Coating atau pemberian cairan kimia untuk melindungi batu harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak menjadi perangkap yang akan mengurung garam dalam batu alam. Bila coating yang diaplikasikan tidak optimal, maka air yang mengenai permukaan batu akan menguap namun akan meninggalkan kristal garam tepat di bawah permukaan batu. Lama-kelamaan, kristal garam tersebut akan bertambah semakin banyak dan merusak stabilitas batu alam. Pastikan untuk menggunakan coating berkualitas yang ditujukan khusus untuk batu alam.

  • Sistem drainase yang baik

Ada kalanya, kerusakan pada batu alam terjadi akibat sistem drainase yang kurang baik. Di beberapa area, kadar garam dalam tanah terbilang tinggi. Setelah hujan turun, kandungan garam larut dalam tanah dapat naik ke permukaan dan menempel pada batu alam. Bila hal ini berlangsung terus menerus, maka kadar garam tersebut akan menimbulkan kerusakan pada batu alam.


Untuk mencegah hal tersebut, pastikan semua sisi batu alam telah diberi coating dengan tepat sebelum proses pemasangan. Pastikan juga area tersebut memiliki sistem drainase yang baik sehingga air tidak menggenang. Anda juga dapat memberikan lapisan atau membrane tahan air yang menjadi pembatas antara batu alam dengan tanah untuk mengurangi risiko masuknya garam dari bawah tanah.


Baca juga: Wujudkan Rumah Mewah dan Berkelas dengan 5 Tips Ini


Pilih supplier batu alam terpercaya


Jenis batu alam seperti apa yang akan Anda pergunakan untuk membangun hunian di pinggir pantai atau untuk kolam renang air asin Anda? Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik, pertimbangkan dua hal berikut:

  • Installasi/pemasangan

Pemasangan batu alam untuk hunian pinggir pantai ataupun untuk kolam renang air asin membutuhkan perhatian lebih khusus mengingat tantangan yang dihadapi jauh lebih besar. Pilih jasa profesional yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang ini, untuk hasil yang maksimal dan tahan lama.

  • Supplier batu alam

Batu alam memiliki grade yang menentukan tingkat kualitas batu tersebut. Pastikan untuk memilih batu alam terbaik dan sesuai dengan kebutuhan khusus Anda. Fagetti sebagai supplier batu alam premium hadir untuk menjawab semua kebutuhan Anda. Tim Fagetti akan membantu Anda dalam menemukan jenis, warna, dan motif batu alam yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.


Fagetti juga siap membantu Anda dalam segala aspek lain yang berhubungan dengan batu alam mulai dari proses pembuatan, pemasangan, hingga perawatan. Hadirkan pesona batu alam terbaik di hunian Anda bersama Fagetti sekarang juga. #CreateYourPerfection bersama Fagetti! Anda bisa menghubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359.

16 views0 comments