• Fagetti

Kabar Baik! Permintaan Marmer Kembali Meningkat di Awal Tahun 2021

Updated: Aug 23



Di tengah pandemi virus COVID-19 yang tak kunjung berakhir, muncul kabar gembira bagi industri marmer. Data kenaikan ekspor marmer dari sejumlah negara produsen marmer dunia pada kuartal pertama tahun 2021 menjadi pertanda pasar marmer kembali bergairah setelah sempat tertekan akibat pandemi.


Sejumlah negara produsen marmer sempat menghadapi tekanan berat sepanjang tahun 2020. Namun data yang dirilis pada awal tahun ini menunjukkan kinerja ekspor ke seluruh dunia yang naik signifikan. Kenaikan ekspor menunjukkan bahwa permintaan barang mewah ini tetap terjaga meskipun perekonomian dunia sedang terkoreksi.


Berikut ini data peningkatan ekspor lima negara utama produsen marmer dan granit dunia yang disarikan dari sejumlah data di situs Stonenews.eu:


Marmer Italia


Selama pandemi Corona, Italia sebagai produsen utama marmer dan granit dunia tertekan karena turunnya permintaan. Disarikan dari Stonenews.eu, ekspor produk marmer dan granit dari Italia pada kuartal I 2021 turun 20,85% dibandingkan dengan tahun 2019. Sedangkan ekspor produk granit turun 6,21%.


Namun ekspor marmer dan granit Italia mulai menunjukkan perbaikan pada periode tiga bulan pertama tahun 2021. Nilai ekspor marmer Italia masih terkoreksi 7,59%, namun secara kuantitas ekspor naik 3,88% dibandingkan dengan kuartal I 2020.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Italia Paling Populer di Dunia


Kinerja ekspor marmer Italia melemah karena turunnya ekspor produk jadi marmer ke Amerika Serikat dan Saudi Arabia. Kendati demikian, penurunan nilai ekspor yang lebih dalam bisa tertahan karena adanya kenaikan ekspor blok marmer dan slab ke China.


Sebaliknya, kinerja ekspor granit Italia tumbuh positif. Pada periode Januari-Maret 2021, Italia mencatat kenaikan nilai ekspor granit sebesar 7,57% dan secara kuantitas 8,81%. Kenaikan ini ditopang oleh tumbuhnya permintaan ekspor produk granit ke negara-negara Eropa terutama Jerman, Swiss, Prancis, Austria dan Polandia.


Marmer Turki


Pasar marmer Turki tak luput dari dampak pandemi. Namun Turki mampu menunjukkan kinerja ekspor yang ciamik. Pada tahun 2020, ekspor marmer Turki mencapai lebih dari USD 1,6 miliar menjadikannya eksportir marmer terbesar dunia. Pada awal tahun ini, Turki juga memperlihatkan kinerja ekspor marmer yang kokoh.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Turki dengan Kualitas Terbaik


Pada kuartal I 2021, Turki mengekspor produk marmer ke 136 negara dengan total nilai USD 420 juta. Nilai ekspor marmer Turki selama Januari-Maret 2021 naik 18,69% dengan kuantitas naik 32,23% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Turki mencatat kenaikan ekspor ke beberapa negara seperti China, Amerika Serikat, Irak dan Prancis.


Marmer Yunani


Produsen marmer dan granit lainnya, Yunani sempat tertekan di paruh pertama tahun 2020. Namun negara ini berhasil bangkit dan terus mempertahankan peningkatan ekspor marmer. Pada periode Januari-Maret 2021, nilai ekspor marmer Yunani naik 17,45% dan kuantitas naik 27,33% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.


Tujuan utama ekspor blok dan slab marmer Yunani adalah China. Sedangkan produk marmer jadi paling banyak diekspor ke Amerika Serikat. Puncak lonjakan ekspor marmer Yunani sudah terjadi pada kuartal IV 2020 sehingga jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ekspor marmer di kuartal I 2021 masih lebih rendah. Pada kuartal pertama tahun ini, Yunani mengekspor produk marmer ke 93 negara dengan total nilai USD 74 juta.


Marmer China


Selain harus berperang melawan pandemi Corona, China juga tengah menghadapi perang dagang dengan Amerika Serikat. Dua hal tersebut turut berdampak pada ekspor marmer dan granit Negeri Tirai Bambu. Pada periode 2018-2020, nilai ekspor produk marmer turun tipis 4,15% dan ekspor granit turun 1,26%.


China mampu mengelola krisis dengan baik. Ini terlihat dari performa ekspor yang kembali menguat. Pada kuartal I 2021, China mencatat kenaikan ekspor marmer sebesar 13,01% dan ekspor granit 21,81% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.


Baca juga: 4 Alasan Marmer Italia Layak Disebut Marmer Terbaik Dunia


Marmer Mesir


Mesir juga melaporkan lonjakan ekspor marmer dan granit pada awal tahun ini. Selama periode Januari-Mei 2021, Mesir mencatatkan kenaikan nilai ekspor marmer dan granit hingga 89% dibandngkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Selama lima bulan pertama tahun ini, Mesir mengekspor marmer dan granit 850.955 ton atau senilai USD 128 juta.


Ekspor marmer Mesir menjangkau 100 negara di dunia termasuk 20 negara tujuan ekspor baru. Negara-negara importir marmer Mesir di antaranya adalah China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Algeria dan Thailand.


Untuk konsultasi tentang marmer impor terbaik di Jakarta, hubungi Fagetti melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359 dan buat jadwal janji temu. Jangan ragu untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti.


14 views0 comments