• Fagetti

Menerapkan Konsep Ramah Lingkungan pada Hunian Mewah



Isu pemanasan global kian membesar belakangan ini. Oleh karena itu, kita sebagai manusia perlu mengubah gaya hidup, yaitu gaya hidup ramah lingkungan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah mengurangi pemakaian plastik, menggunakan kendaraan umum, beralih ke mobil listrik, dan sebagainya.


Gaya hidup ramah lingkungan juga bisa diterapkan pada hunian. Tidak terkecuali hunian mewah yang identik dengan perabotan modern serba canggih dan material yang berkelas. Mari simak cara dan pembahasannya berikut ini!


Membuat ventilasi udara yang baik


Kehadiran ventilasi udara akan membuat sirkulasi udara lebih lancar. Hasilnya, ruangan terasa lebih sejuk tanpa bantuan AC. Ventilasi udara ini dapat berupa jendela, roster, dan exhaust fan. Jika Anda memiliki jendela besar, lengkapi dengan kawat nyamuk atau teralis. Tujuannya untuk mencegah serangga dan barang asing terbawa angin masuk ke dalam rumah.


Jika Anda berencana memasang roster atau exhaust fan, perhatikan posisi yang tepat. Terkadang ventilasi udara ini tidak selalu harus di bagian atas dinding. Menurut beberapa pakar, ventilasi udara justru sebaiknya dibuat sejajar dengan posisi penghuni. Alasannya adalah sirkulasi udara berhembus dari rongga bawah ruangan. Peletakkan ventilasi udara yang sejajar dengan penghuni akan membuat udara mengenai kulit untuk melepas hawa panas di sekitar.


Baca juga: Bukan Cuma Luas, Kenali 9 Karakteristik Rumah Mewah!


Hindari sekat antar ruangan


Hunian mewah biasanya berukuran luas dan masing-masing ruang memiliki sekat dinding. Baik itu untuk menjaga privasi penghuni atau menghadirkan tampilan yang rapi. Namun, sekat-sekat ini akan membuat hunian boros listrik.


Pasalnya aliran udara menjadi tidak lancar. Udara terasa panas dan pengap sehingga perlu menyalakan AC. Begitu pula untuk cahaya. Karena masing-masing ruang memiliki sekat, otomatis membutuhkan lampu yang lebih banyak dan menyala hampir sepanjang waktu.

Dengan menghindari sekat dinding antar ruangan, hunian akan terasa lebih terang, lega, dan sejuk. Sebagai gantinya, gunakan partisi berupa lemari, tirai, rak, dan sebagainya untuk membatasi area masing-masing ruangan dalam hunian.


Kurangi pemakaian kaca untuk dinding


Hunian dengan dinding kaca memang terlihat modern dan mewah. Apalagi inspirasi desain hunian sejenis ini kerap muncul di media sosial. Namun, perlu dipertimbangkan terlebih dulu penggunaannya. Pasalnya, ide pemakaian dinding kaca populer di negara dengan 4 musim. Di negara-negara ini, suhu udaranya rendah dan angin berhembus cukup kuat. Dinding kaca merupakan pilihan tepat untuk menahan dingin, namun sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam hunian. Bagian dalam pun terasa hangat.


Baca Juga: Inspirasi Desain Kolam Renang Mewah, Salah Satunya Pakai Travertine!


Jika diterapkan pada hunian di Indonesia yang beriklim tropis, maka hunian akan terasa semakin panas. Anda cukup menggunakan kaca pada sebagian dinding saja. Posisinya juga yang tidak mendapatkan cahaya matahari siang.


Pilihan material dinding yang paling tepat untuk hunian di Indonesia adalah batu bata. Material ini mampu meredam udara panas dari luar. Daya tahannya juga terbukti awet hingga puluhan tahun.


Gunakan panel surya


Panel surya adalah salah satu teknologi modern yang cocok untuk segala jenis hunian. Panel surya merupakan alat yang menyimpan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sinar matahari merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis. Panel surya dapat menimbun energi listrik sebanyak-banyaknya selama matahari bersinar. Selain ramah lingkungan, alat ini pun bisa membantu Anda untuk berhemat.


Panel surya tidak membutuhkan bahan bakar minyak dan mesinnya dapat bertahan lama. Alat ini bekerja dengan bantuan baterai. Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli panel surya. Tapi bisa berhemat dan menjaga lingkungan hingga bertahun-tahun kemudian. Apabila Anda membutuhkan suplai listrik yang cukup banyak, kapasitasnya bisa ditambah juga.


Wajib menyediakan lahan hijau


Salah satu penyebab parahnya pemanasan global adalah berkurangnya lahan hijau. Oleh karena itu, hunian mewah Anda wajib memiliki lahan hijau. Lahan hijau dengan hamparan rumput akan mempercepat proses peenyerapan air ke dalam tanah. Dengan demikian, banjir dapat dicegah. Akan lebih baik lagi jika area tersebut dilengkapi dengan lubang biopori.


Tanaman-tanaman juga berfungsi untuk menyerap karbondioksida. Suasana hunian akan lebih sejuk dan asri. Apabila bagian halaman depan memungkinkan untuk ditanami pohon, lakukan. Menanam pohon yang rindang di depan rumah dapat memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah menghalau sinar matahari yang berlebihan ke dalam rumah. Daun-daun yang lebat juga berfungsi untuk menahan debu jalanan dan meredam polusi suara. Cocok untuk hunian mewah yang ada di area jalan raya.


Baca juga: Tak Perlu Ragu! Gas Radon Batu Granit Aman dan Tidak Membahayakan Kesehatan


Gunakan batu alam, marmer


Hunian mewah belum sempurna kalau belum menggunakan marmer. Batu alam yang satu ini terkenal memiliki corak yang indah dan elegan. Di balik kemewahannya ini, marmer memiliki ragam karakteristik yang menjadikannya ramah lingkungan.


Pertama, batu marmer adalah material alami. Sifatnya sejuk sehingga membuat hunian terasa sejuk juga. Tidak heran kalau batu marmer kerap dijadikan pelapis lantai dan dinding. Daya tahan batu marmer juga tergolong sangat tinggi. Batu ini tidak mudah pecah, menyusut, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggantinya dengan material baru yang akan berdampak pada budget dan penambahan limbah material.


Kemudian, batu marmer juga sifatnya recyclable alias dapat didaur ulang. Proses daur ulang batu marmer dapat menghemat persediaan sumber daya alam. Yaitu marmernya sendiri, serta air dan listrik yang digunakan untuk menambang. Batu marmer biasanya didaur ulang dalam bentuk yang lebih kecil. Alternatif lainnya dijadikan ubin teraso yang tidak kalah mewah dan cantik. Ubin teraso sendiri adalah ubin yang dibuat dari sisa-sisa batu marmer yang dicampur dengan adonan semen.


Proses penambangan dan pengolahan batu marmer juga semakin ramah lingkungan saja. Semua berkat kemajuan teknologi pada mesin penambangan. Mesin potong jauh lebih presisi dan hemat waktu. Pada saat proses penambangan, tingkat polusi dapat berkurang. Area sumber daya juga tetap terjaga dengan baik. Selain itu, hasil pembuangan dapat diminimalisir.


Pilih marmer di Fagetti untuk hunian mewah ramah lingkungan


Anda dapat mempercayakan langkah-langkah pembuatan hunian mewah kepada ahli di bidangnya masing-masing. Khusus untuk marmer, percayakan kepada Fagetti yang merupakan perusahaan importir batu alam yang sudah bergerak sejak tahun 1986. Fagetti menyediakan aneka jenis batu alam, termasuk marmer dan batu alam lainnya yang mencapai 900 jenis.


Marmer yang ditawarkan oleh Fagetti tersedia dalam aneka varian, mulai dari yang tampilannya minimalis hingga langka. Batu marmer akan dipotong sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tentunya menggunakan teknologi high speed yang menghasilkan potongan presisi.


Fagetti juga melayani pemotongan, pemolesan dan pemasangan supaya hasil akhirnya tampil mewah sempurna. Layanan Fagetti tidak sampai di sini, tapi ada pula jasa perawatan rutin marmer. Ditambah dengan garansi marmer selama tiga tahun yang bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi customer.


Jangan lewatkan kesempatan untuk #CreateYourPerfection dan memiliki hunian mewah ramah lingkungan bersama Fagetti. Segera hubungi Fagetti di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

10 views0 comments