• Fagetti

Mengenal Karakteristik Onyx untuk Material Countertop

Updated: Aug 23



Onyx adalah salah satu batu alam yang memiliki karakteristik unik. Sekilas dilihat, coraknya menyerupai batu alam seperti marmer, quartz, dan granit. Namun yang membuatnya unik adalah sifat batu yang tembus cahaya karena onyx mengandung mineral yang terdiri dari chalcedony dan cryptocrystalline. Onyx sering diaplikasikan pada meja resepsionis, headboard, serta meja wastafel. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan countertop yang identik dengan granit dan marmer. Setidaknya inilah 6 keunggulan dari onyx yang bisa Anda dapatkan.


Tampilan menawan


Aspek yang paling unggul dari onyx adalah tampilannya yang menawan. Dari segi warna, pilihannya sangat beragam. Untuk warna netral, ada cream dan beige. Untuk warna yang lebih bold, ada hijau, biru, merah, serta kuning. Anda suka yang bernuansa terang atau pastel? Onyx punya jawabannya.


Sedangkan dari segi corak, onyx memiliki banyak variasi. Ada beberapa jenis yang memiliki bintik kecil dengan beragam warna seperti quartz. Ada pula yang memiliki corak veins layaknya marmer. Sedangkan varian lainnya memiliki guratan yang melingkar bergelombang seperti granit. Beberapa varian batu onyx yang mungkin Anda sukai di antaranya adalah Multicolor onyx lighting, Tiger onyx, Green onyx, Wooden onyx, Honey onyx, dan Volcano onyx.


Tampilan countertop dari onyx begitu menawan dan unik. Bagi Anda yang menginginkan dapur dengan nuansa unik, mewah, serta eksotis, tentu countertop onyx ini merupakan pilihan yang tepat.


Usia pemakaian yang panjang


Pada dasarnya, batu onyx memiliki usia pemakaian yang panjang. Setidaknya batu ini dapat digunakan hingga seratus tahun. Dengan syarat kalau countertop dari onyx ini diperlakukan dan dirawat dengan tepat. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu repot mengganti countertop dari onyx seumur hidup. Alhasil, Anda dapat berhemat di masa mendatang dan kemewahan akan selalu menghiasi dapur.


Dari sisi daya tahan sendiri, onyx memang cocok untuk countertop. Tingkat kekerasannya berada pada angka 61/2 hingga 7 menurut skala Mohs. Sedangkan tingkat kepadatannya mencapai 2.65 gram/cm3. Angka tersebut sudah cukup untuk menopang hidangan, peralatan makan, serta mendukung kegiatan persiapan bahan masakan. Bila perlu, beri finishing supaya resiko permukaan countertop onyx ini tergores menjadi lebih rendah.


Timeless


Pada dasarnya, batu alam memiliki sifat yang timeless atau tidak lekang oleh waktu. Anda tidak perlu takut ketinggalan zaman saat menggunakannya untuk puluhan tahun ke depan. Ditambah lagi, countertop dari onyx ini cocok untuk beragam gaya dapur. Misalnya saja dapur bergaya klasik, modern, minimalis, mewah, serta Mediteranian. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan warna dan corak.


Baca juga: 8 Alasan Mengapa Desain Marmer Bersifat Timeless


Onyx mudah dibersihkan


Saat dijadikan countertop, itu artinya material onyx akan beresiko terkena noda minyak atau pun tumpahan minuman. Untungnya, onyx ini tergolong mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan batu alam jenis lainnya. Untuk sehari-hari, Anda bisa membersihkan countertop dari onyx dengan air sabun yang hangat dan kain lap yang lembut. Setelah itu, lap dengan kain yang bersih untuk menyingkirkan sisa-sisa sabun.


Selain sangat mudah, cara ini juga murah karena sabun yang digunakan bisa berupa sabun cuci piring biasa. Tidak seperti marmer dan granit yang hanya boleh dibersihkan menggunakan cairan khusus.


Baca juga: 10 Inspirasi Desain Bookmatch Marmer yang Memukau


Aksen cahaya


Batu onyx terkenal sebagai batu yang tembus cahaya. Itu artinya Anda dapat menghiasi countertop dari onyx dengan aksen cahaya. Countertop pun akan bersinar dan menjadi focal point di dapur. Pencahayaan yang dimaksud ini sifatnya indirect atau dipasang di balik batu onyx. Untuk countertop, karena posisinya berada di atas dan permukaannya mendatar, sumber cahaya dipasang di bagian bawah atau dalam meja.


Warna cahaya yang berpendar, pada umumnya mengikuti warna dari batu onyx itu sendiri. Pemilihan warna cahaya putih akan membuat suasana lebih terang. Sedangkan warna cahaya kuning menciptakan suasana yang lebih hangat. Keunikan yang satu ini hanya dapat Anda temukan pada batu onyx.


Bernilai tinggi


Onyx memiliki nilai tinggi yang tidak kalah saing dengan marmer. Hal ini tentu memberikan pengaruh terhadap nilai jual properti di masa mendatang. Terlebih lagi, tren batu alam pada dasarnya bersifat timeless. Singkat kata, countertop dari onyx ini mampu menjadi produk investasi yang baik.


Baca juga: Berkenalan dengan Marmer Turki yang Kualitasnya Tak Kalah dari Marmer Italia


Temukan onyx yang tepat untuk countertop


Bagi Anda yang tertarik untuk menghadirkan countertop dari onyx dan merasakan keunggulan tadi, tentu harus menemukan onyx yang tepat terlebih dulu. Serahkan semuanya kepada Fagetti yang menyediakan beraneka ragam jenis onyx yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Fagetti sendiri merupakan importir batu alam dari seluruh dunia. Tidak hanya onyx, kami juga menyediakan marmer, granit, travertine, sandstone, dan lainnya.


Setiap orang memiliki referensi dan desain sendiri yang mewakili kepribadian masing-masing. Fagetti akan membantu mewujudkannya dengan dukungan mesin berteknologi tinggi. Hasilnya presisi dan akurat. Anda pun bisa mendapatkan countertop dari onyx dengan desain yang sudah dibayangkan sebelumnya. Fagetti juga melayani pemasangan supaya countertop dari onyx dan pencahayaan milik Anda supaya bisa memendarkan cahaya dengan baik.


Diskusikan dengan tim profesional Fagetti di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

13 views0 comments