top of page
  • Writer's pictureFagetti

Pemasangan Marmer dengan Teknik Bookmatch untuk Desain yang Lebih Artistik

Updated: Feb 2, 2023



Untuk mendapatkan desain yang lebih artistik, pemasangan marmer tidak boleh dilakukan sembarangan. Pemasangan dengan teknik bookmatch adalah solusi untuk desain marmer yang lebih indah dan menarik. Bookmatch marmer dapat diterapkan pada area yang akan menjadi point of interest atau focal point dalam sebuah desain ruangan.


Pemasangan marmer dengan teknik bookmatching dapat Anda temui dengan mudah pada bangunan komersial seperti hotel, mal, apartemen, rumah sakit dan perkantoran. Pada rumah mewah yang menggunakan marmer premium, pemasangannya juga menggunakan teknik ini.


Menyatukan motif dengan pola unik


Teknik bookmatch biasanya digunakan pada marmer yang memiliki pola khusus yang unik. Pemasangan marmer berpola unik ini tidak bisa hanya dilakukan dengan menggabungkan lembaran atau slab batu satu sama lain. Namun pemasangannya harus memperhatikan kesinambungan pola antar slab hingga menciptakan pola baru yang artistik.



Secara umum, bookmatch adalah teknik mencocokan dua atau lebih permukaan batu marmer, sehingga permukaannya saling bercermin seperti buku yang terbuka. Marmer berpola dipasang secara simetris dengan memperhatikan keseimbangan pada pola dan arah pattern sehingga terlihat berlawanan.



Teknik pemasangan marmer motif berpola ini menggabungkan beberapa permukaan slab marmer yang membentuk sebuah gambar atau motif tertentu. Dalam pemasangannya, teknik bookmatch ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Berbeda dengan pemasangan marmer dengan motif random, pemasangan marmer berpola dengan teknik bookmatch dapat menciptakan karya desain ruangan yang unik dan mewah.


Menggunakan slab marmer dari satu kelompok pola


Bookmatch marmer dapat dilakukan hanya pada marmer yang memiliki pola yang serupa dalam satu kelompok atau grup. Batu marmer dari pertambangan dikirimkan ke pabrik-pabrik pengolahan marmer dalam bentuk balok batu. Balok batu tersebut kemudian dipotong menjadi lembaran slab seperti irisan roti tawar. Selanjutnya setiap slab marmer berpola akan diberi nomor yang berurutan 1, 2, 3, 4 dan seterusnya.



Teknik bookmatch ini akan mencocokkan slab pada satu sisi muka dengan sisi belakang slab lainnya. Pola marmer akan berlanjut dari satu slab ke slab berikutnya tanpa ada pemutusan pola. Hal ini menciptakan kesan bayangan cermin, seperti sayap kupu-kupu yang saling memantulkan.



Teknik bookmatch bisa dilakukan dengan menggunakan marmer kualitas terbaik seperti marmer Statuario yang memiliki warna dasar putih bersih dan sedikit garis coklat atau abu-abu yang sangat menonjol. Sedangkan marmer Bianco Carrara kurang tepat menggunakan teknik bookmatch karena pola urat dan warnanya terlalu tersebar.


Pemrosesan dan pemasangan marmer bookmatch akan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Namun hasilnya sebanding karena desain marmer terlihat lebih artistik. Desain marmer bookmatch juga terlihat alami dan elegan. Kombinasi marmer dengan teknik bookmatch yang beragam cocok untuk dekorasi proyek baik dinding, lantai, perbatasan, meja rias, pintu masuk dan lain-lain.


Supplier marmer bookmatch di Jakarta


Untuk menciptakan desain yang artistik dengan marmer bookmatch, Anda membutuhkan supplier marmer yang menyediakan marmer dengan jenis, warna dan motif yang beragam. Maklum, bookmatch tidak bisa dilakukan pada semua jenis marmer. Teknik ini hanya bisa diterapkan pada marmer-marmer yang memiliki pola khusus. Untuk itu, Anda perlu menemukan supplier marmer bookmatch yang lengkap dan beragam.


Fagetti hadir untuk memenuhi keinginan Anda. Fagetti merupakan importir dan supplier marmer dari seluruh penjuru dunia, terutama Italia. Setidaknya ada 900 jenis batu alam, khususnya marmer impor. Koleksi marmer impor Fagetti sangat beragam, termasuk jenis-jenis marmer langka dan memiliki corak unik yang cocok untuk bookmatch.



Fagetti juga menyediakan marmer impor dalam bentuk balok batu dan slab. Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan bentuk marmer bookmatch yang sesuai keinginan. Pemotongannya sendiri menggunakan teknologi Italia yang hasil akhirnya akurat dan presisi. Tidak hanya untuk melapisi lantai, teknologi ini dapat digunakan untuk membentuk aneka desain, ukiran, relief, kolom, patung, dan sebagainya.


Layanan Fagetti tidak hanya sebatas importir dan membentuk marmer sesuai permintaan, tapi juga meliputi instalasi. Fagetti hanya menyediakan marmer bookmatch berkualitas terbaik, serta berani menjamin kepuasan konsumen dengan garansi produk dan layanan selama 3 tahun. Simpan keraguan Anda, hubungi Fagetti untuk mendapatkan marmer impor terbaik.

420 views0 comments

Recent Posts

See All
79dc31280371b8ffbe56ec656418e122.png
bottom of page