• Fagetti

Keunggulan Batu Alam sebagai Material Wall Cladding

Ada beragam pilihan penutup dinding (wall cladding) yang memberikan keleluasaan kepada para pemilik bangunan untuk berkreasi dalam menciptakan desain yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikan pilihan jenis material wall cladding area indoor maupun outdoor. Salah satunya adalah batu alam, material wall cladding yang sedang populer di bidang desain interior maupun eksterior.

Keuntungan Penggunaan Batu Alam sebagai Wall Cladding


Mengapa memilih batu alam sebagai wall cladding? Karena material ini menawarkan berbagai jenis keuntungan berupa:


Stabil dan aman digunakan


Kepingan panel batu alam menawarkan stabilitas dalam hal keamanan serta kemudahan dalam pemasangan. Beberapa jenis stone coating dilengkapi dengan fiberglass mesh yang memastikan proses pemasangan menjadi lebih mudah, aman, dan stabil. Artinya, Anda tidak perlu khawatir panel batu alam yang dipasang akan lepas dan membahayakan diri Anda dan keluarga.


Memberikan sentuhan estetika yang mempesona


Pemasangan batu alam terutama di area indoor atau dalam ruangan memberikan sentuhan estetika yang mempesona. Motif dan pola batu alam yang sangat bervariasi memberikan tampilan yang tidak biasa pada sebuah ruangan. Tampilan yang mewah hanyalah satu dari sekian banyak tampilan yang dapat diperoleh dengan menggunakan batu alam.


Menciptakan suasana alami yang teduh, damai, dan menyejukkan


Sebagai material alam, pemasangan batu alam sebagai wall cladding memberikan suasan yang teduh, damai, dan menyejukkan. Ragam varian warna yang tersedia seakan-akan membawa suasana outdoor ke dalam ruangan tanpa harus keluar rumah


Membangun karakater hunian


Kepingan panel batu alam yang sejenis memiliki pola vein yang berbeda. Tidak ada dua batu alam yang sama persis. Hal ini membuat ruangan dengan wall cladding dari batu alam memiliki karakter yang eksklusif dan tidak akan ditemukan di tempat lain.


Perawatan minimal


Terdapat berbagai jenis batu alam yang dapat dipergunakan sebagai wall cladding untuk area eksterior atau outdoor. Salah satunya adalah batu alam jenis andesite yang sangat populer berkat daya tahannya terhadap cuaca tropis. Andesite dikenal sebagai batu alam yang bebas jamur dan lumut. Artinya, para pemilik rumah tidak perlu terlalu sering mengaplikasikan lapisan pelindung atau coating untuk mencegah tumbuhnya jamur dan lumut. Dengan perawatan yang terbilang minim dan tidak butuh biaya banyak, tidak heran bila banyak orang yang menggunakan batu alam sebagai wall cladding untuk area eksterior.


Cocok untuk area yang cenderung basah


Beberapa jenis batu alam memiliki daya tahan yang superior terhadap kelembaban sehingga dapat dipergunakan di area yang cenderung basah dan lembab seperti dapur dan kamar mandi. Batu alam juga dapat dipergunakan di area dengan intensitas penggunaan yang tinggi seperti koridor ruangan


Memberikan pesona yang tidak lekang oleh waktu


Batu alam sebagai wall cladding menawarkan pesona yang tidak lekang oleh waktu. Material ini telah dipergunakan sejak jaman kerajaan Romawi dan tetap terlihat mempesona hingga kini. Seiring dengan berjalannya waktu, tampilan batu alam justru akan terlihat lebih menawan.


Kuat dan tahan lama


Wall cladding dari batu alam terbilang super kuat dan tahan lama. Hal ini sangatlah penting terutama untuk penggunaan di area outdoor. Material ini tidak mudah patah, retak, dan rusak dibandingkan material lainnya seperti semen. Batu alam juga lebih tahan terhadap sinar matahari dan hujan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan biaya perawatan yang melonjak.


Baca juga: Si Cantik Sandstone, Batu Alam yang Cocok untuk Interior dan Eksterior Rumah

Terlepas dari semua kelebihan tersebut, tidak dapat dipungkiri, ada beberapa hal lain yang perlu menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut bagi Anda yang ingin menggunakan batu alam sebagai wall cladding. Dari segi harga, batu alam memiliki harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis wall cladding yang lainnya. Pertimbangan lainnya adalah dari segi installasi atau pemasangan. Batu alam yang berat membutuhkan proses pemasangan yang lebih rumit mengingat material ini jauh lebih berat dibandingkan dengan material lain. Anda membutuhkan tenaga professional untuk memastikan proses pemasangan berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal dan tahan lama.

Ide Aplikasi Batu Alam sebagai Wall Cladding


Di mana Anda dapat menggunakan batu alam sebagai wall cladding? Secara umum, Anda dapat menggunakannya pada area indoor dan outdoor. Untuk area outdoor, Anda dapat menggunakan pada pagar rumah, dinding rumah, tangga, dan pada façade. Sementara untuk area indoor, pilihan penggunaannya jauh lebih luas.

Baca juga: 6 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Area Outdoor


Untuk area indoor, Anda dapat menggunakannya pada area koridor, kamar mandi, dapur, ataupun dalam ruangan lainnya. Anda dapat menggunakan untuk menutupi seluruh dinding atau hanya untuk sisi tertentu dan menjadikannya sebagai dinding aksen. Batu alam sebagai wall cladding sebagai dinding aksen menjadikannya sebagai focal point dalam ruangan.


Selain itu, Anda dapat menggunakan wall cladding batu alam sebagai pembatas visual dalam hunian yang menerapkan konsep open plan space. Dengan begini, Anda dapat dengan mudah memisahkan antara satu area dengan area lainnya tanpa perlu menggunakan pembatas fisik yang akan

Cara Pemasangan Wall Cladding Batu Alam yang Tepat


Salah satu hal yang sangat mempengaruhi tampilan akhir dari wall cladding batu alam adalah proses pemasangan. Dalam hal ini, ada beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan yaitu:

  • Menggunakan jasa professional dalam memasang batu alam sebagai wall cladding. Hal ini sama pentingnya dengan memilih supplier batu alam. Pastikan Anda membeli batu alam hanya dari supplier terpercaya yang menyediakan batu alam berkualitas.

  • Membangun fondasi atau dasar yang solid. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga struktur dinding agar tetap stabil.

  • Membersihkan permukaan dinding dari berbagai material seperti kerikil, lilin, minyak, ataupun cat untuk memastikan agar batu alam yang dipergunakan dapat merekat dengan sempurna.

  • Menggunakan perekat berkualitas. Supplier batu alam terpercaya Anda dapat membantu Anda dalam hal ini.

  • Proses perencanaan pemasangan batu. Proses perencanaan ini dapat dilakukan dengan menata batu-batu tersebut di permukaan tanah sebelum menempelkannya ke dinding. Dengan begini, Anda dapat mengatur pola dan pasangan bentuk dari pasangan batu alam yang ada. Perencanaan seperti ini akan sangat bermanfaat bila Anda menggunakan batu alam dengan ukuran bebas.

Supplier Terbaik untuk Segala Kebutuhan Batu Alam


Jenis batu alam yang dapat dipergunakan untuk wall cladding sangatlah beragam. Apapun jenis batu alam yang Anda pilih, Anda dapat menemukannya di Fagetti. Dengan lebih dari 900 jenis koleksi batu alam terutama marmer, granit, onyx dan travertine, Fagetti mampu menjawab segala kebutuhan Anda akan batu alam untuk wall cladding.

Baca juga: Sambut New Normal, Fagetti Siap Layani Pelanggan Secara Penuh

Selain itu, Fagetti juga menyediakan layanan professional lainnya berupa jasa instalasi dan pemeliharaan. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan anggota tim Fagetti untuk menemukan jenis batu alam yang tepat serta model pemasangan yang sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Tunggu apa lagi, hadirkan keindahan dan pesona wall cladding batu alam di hunian Anda bersama Fagetti!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia