• Fagetti

Serba-serbi Batu Alam Soapstone

Updated: Aug 23

Pilihan batu alam yang tersedia saat ini sangatlah beragam. Selain marmer dan granit yang sudah lebih dulu populer, Anda bisa mempertimbangkan soapstone. Sesuai dengan namanya, soapstone merupakan jenis batu alam yang lembut dan terasa nyaman bila disentuh. Namun, ada banyak hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai soapstone sebelum memberikan penilaian lebih lanjut.

Apa itu soapstone?


Soapstone termasuk golongan batu metamorphic. Kebanyakan batu metamorphic merupakan hasil dari proses pemanasan dan tekanan dari jenis batu alam lainnya, sebagai contoh batu limestone yang berubah menjadi marmer dan sandstone yang berubah menjadi quartzite. Berbeda halnya dengan soapstone. Soapstone terbentuk dari berbagai reaksi kimia yang terjadi di bawah tanah. Aliran air panas dalam tanah membawa larutan mineral dari satu batu ke batu lainnya dan dalam proses tersebut, membentuk batu dengan susunan mineral tersendiri, salah satunya adalah soapstone.


Baca juga: 7 Jenis Marmer paling Langka dan Mahal di Dunia


Salah satu komposisi mineral dari soapstone adalah talc.Talc merupakan mineral paling lembut dengan tingkat hardness 1. Soapstone sendiri selalu mengandung talc dengan kuantitas yang bervariasi, sekitar 30% - 50% dan sisanya terdiri dari ragam mineral lain seperti magnesite, chlorite, amphibole, dan mineral lainnya. Semakin rendah kandungan talc pada soapstone, semakin tinggi tingkat hardness batu tersebut.


Mengingat kandungan mineral dari soapstone yang cukup bervariasi, maka secara geologis, nama soapstone mengacu pada golongan dari beberapa jenis batu dan tidak mengacu pada satu batu tertentu saja. Artinya, Anda perlu benar-benar mengumpulkan informasi terlebih dahulu perihal tipe soapstone dengan supplier batu alam Anda untuk mengenal potensi dan karakteristiknya.

Karakteristik soapstone


Soapstone memiliki beberapa aspek yang membuatnya berbeda dari batu alam lainnya. Aspek-aspek ini merupakan bagian dari fitur atau karakteristik soapstone. Pertama, tingkat hardness yang bervariasi mulai dari 1-4. Tingkat hardness ini berbeda antara satu tipe soapstone dengan tipe lainnya tergantung dari kandungan mineral talc dalam batu tersebut. Bahkan sebuah soapstone dapat memiliki tingkat hardness yang berbeda pada posisi yang berbeda.


Beberapa contoh soapstone lengkap dengan tingkat hardness dari masing-masing batu adalah Santa Rica (1,5), Barroca (2), Black Venata (2,5), Stormy Black (2-3,5), Ipanema (2-3,5), dan Marine Black (3-4). Tingkat hardness soapstone yang berkisar antara 1-4 berarti batu ini dapat dengan mudah tergores oleh pisau lipat. Beberapa jenis soapstone dengan tingkat hardness 1-2,5 bahkan dapat tergores hanya dengan kuku. Dengan demikian, soapstone tidak disarankan untuk digunakan sebagai material lantai.


Kedua, tahan terhadap asam. Salah satu fitur atau karakteristik menarik dari soapstone yaitu tingkat ketahannannya terhadap asam baik asam cuka ataupun asam dalam bentuk hydrochloric acid (10%). Soapstone yang terpapar kedua jenis asam tersebut tidak mengalami perubahan dalam penampilan, tidak ada noda ataupun bekas apapun. Hal ini menunjukkan tingkat ketahanan soapstone terhadap asam terbilang sangat tinggi.

Kelebihan dan kekurangan soapstone


Fitur atau karakteristik yang dimiliki oleh soapstone memiliki pengaruh besar terhadap kelebihan dan kekurangan dari batu alam ini. Tingkat hardness yang terbilang sangat rendah merupakan kekurangan utama dari soapstone. Tingkat hardness yang rendah membuat batu alam ini sangat mudah tergores walau dengan ujung kuku sekalipun. Hal ini membuat sebagian orang enggan untuk menggunakannya mengingat potensinya yang sangat besar untuk tergores dan merusak penampilan.


Baca juga: Batu Alam jadi Pilihan Terbaik untuk Material Cladding


Sifat soapstone yang lembut dan mudah tergores menjadi satu-satunya kekurangan yang banyak dikeluhkan pengguna. Namun disisi lain, batu alam yang satu ini juga menawarkan berbagai kelebihan yang tidak boleh diabaikan begitu saja yaitu:

  • Tahan terhadap asam dan alkaline

Anda dapat menumpahkan asam cuka keatasnya tanpa masalah sedikitpun. Salah satu kandungan utama dari soapstone yaitu talc bersifat chemically inert sehingga membuatnya tahan terhadap benda-benda yang bersifat asam dan alkaline seperti asam cuka.

  • Mudah dibentuk

Dengan karakteristiknya yang lembut, batu alam soapstone mudah dibentuk relief atau patung. Anda bisa membuat relief dengan menggunakan soapstone pada dinding baik indoor maupun outdoor.

  • Tahan air

Mineral talc dalam soapstone juga membawa keuntungan lain dalam bentuk sifatnya yang yang hydrophobic atau tahan air.

  • Tahan panas

Keunggulan batu alam yang satu ini berasal dari magnesite, salah satu mineral yang menjadi komponen utama soapstone. Magnesite ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan panas atau dapat dipergunakan sebagai insulator. Apabila dipergunakan sebagai insulator di area perapian, soapstone mampu menyerap panas kemudian melepaskan panas secara bertahap dan memberikan kehangatan di area sekitar perapian dalam waktu lama.

  • Tingkat density yang tinggi

Tingkat density yang cukup tinggi pada soapstone membuat pori-porinya sangat kecil dan dan tidak mudah menyerap air ataupun jenis cairan lainnya yang dapat menjadi sumber bakteri.


Baca juga:Yuk Hadirkan Dinding Aksen nan Estetik dengan Material Batu Alam

  • Mudah diperbaiki

Dilihat dari sifatnya yang mudah tergores, goresan ini sebenarnya dapat dengan mudah diperbaiki. Goresan kecil dapat dihilangkan dengan memberikan lapisan mineral oil, sementara goresan besar dapat dihilangkan dengan sandpapaper. Bahkan lubang pada soapstone dapat ditutupi dengan campuran pecahan batu dan epoxy, namun khusus untuk hal ini sebaiknya dilakukan oleh professional.

Penggunaan soapstone


Ada berbagai cara untuk menggunakan soapstone dalam hunian Anda. Pada jaman dahulu, soapstone dipergunakan sebagai alat memasak, peralatan makan, dan juga sebagai material untuk membuat ukiran. Sifatnya yang terbilang lembut membuatnya mudah untuk dibentuk sesuai dengan keinginan. Selain itu, soapstone juga dapat dipergunakan untuk beberapa hal lainnya seperti:

  • Perapian

  • Kompor

  • Permukaan meja laboratorium

  • Countertop, sinks, dan kitchen island.

Karakteristik soapstone yang tahan terhadap asam, density tinggi, serta mampu menyerap dan mempertahankan panas menjadi alasan utama mengapa batu alam ini dipergunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut.


Tempat membeli soapstone dan batu alam lainnya


Untuk mendapatkan soapstone asli dan berkualitas, maka hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan adalah pemilihan supplier. Terdapat beberapa jenis soapstone dengan karakteristik hardness yang berbeda satu dengan yang lain. Sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan pihak supplier untuk menemukan soapstone yang tepat dan sesuai kebutuhan serta keinginan Anda.


Di Fagetti, Anda dapat menemukan semuanya. Selain ragam pilihan batu alam yang lengkap, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan para ahli untuk menemukan batu alam yang tepat. Didukung oleh pengalaman selama lebih dari 34 tahun, peralatan dengan teknologi terbaru, serta para professional di bidangnya, Fagetti adalah jawaban untuk setiap kebutuhan batu alam Anda. Hubungi Fagetti via WhatsApp dengan klik link berikut ini: Kirim Pesan ke Fagetti.

60 views0 comments