• Fagetti

Tepat Memilih Batu Alam untuk Eksterior, Ini Tipsnya!

Updated: Aug 23

Penggunaan batu alam di rumah diyakini dapat membuat suasana menjadi lebih alami, asri, dan sejuk. Beberapa jenis batu alam seperti marmer, granit, dan travertine malahan mampu menciptakan kesan mewah sekaligus eksklusif. Batu alam sendiri dapat diaplikasikan pada eksterior rumah. Bagi Anda yang berencana untuk menggunakan batu alam pada eksterior rumah, sebaiknya melakukan beberapa pertimbangan dulu. Kesalahan memilih batu alam dapat mengakibatkan eksterior rumah terlihat tidak estetik. Suasana alami, asri, dan sejuk pun tidak tercipta. Simak tips memilih batu alam untuk eksterior rumah berikut ini!



Memilih jenis batu alam dengan karakteristik yang tepat


Di dunia ini ada ratusan jenis batu alam. Masing-masing jenis batu alam memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang sifatnya anti slip, tahan panas, kurang tahan air, memiliki pori-pori besar, dan sebagainya. Untuk batu alam pada eksterior rumah, tentu jenis batu alamnya harus tepat.


Beberapa karakteristik yang dibutuhkan adalah solid, tidak memiliki pori besar, tahan panas, tahan air, tidak mudah menyerap noda, dan anti slip. Jenis batu alam yang memiliki karakteristik tersebut di antaranya adalah marmer, granit, travertine, andesit, sandstone, dan kuarsit.


Baca Juga: Kehadiran Sandstone Menjadikan Interior dan Eksterior Rumah Lebih Artistik


Menyesuaikan jenis batu alam dengan gaya rumah


Anda sudah menemukan jenis batu alam dengan karakteristik yang tepat untuk eksterior. Kini saatnya untuk memilih dari segi tampilan. Hal ini dikarenakan masing-masing jenis batu alam memiliki tampilan yang beragam. Anda perlu menyesuaikan jenis batu alam dengan gaya rumah supaya semuanya terlihat serasi.


Batu marmer misalnya. Batu ini memiliki tampilan yang alami nan mewah. Maka sangat cocok untuk rumah yang bergaya mewah. Sedangkan untuk Anda yang memiliki rumah bergaya modern atau ala Mediterania, disarankan untuk menggunakan sandstone. Warnanya bagai pasir, putih kecoklatan. Ditambah dengan corak berupa garis-garis halus.


Permukaannya sedikit kasar sehingga semakin sempurna untuk menampilkan nuansa alami yang eksotis.


Untuk rumah bergaya klasik atau bernuansa jadul, gunakan batu alam travertine. Mengapa? Karena batu yang tersedia dalam warna putih, beige, dan cokelat ini memang tampilannya kuno. Sedangkan batu andesit cocok untuk rumah bergaya tradisional. Batu ini memiliki warna alami abu-abu. Biasanya digunakan untuk melapisi dinding eksterior, dinding air terjun, serta kolam.


Menyesuaikan harga batu alam dan budget


Pada dasarnya harga batu alam berbeda, sesuai dengan jenis dan ukurannya. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan budget terlebih dulu. Biasanya batu alam dijual dengan harga per meter persegi. Harganya ada yang ratusan ribu hingga jutaan. Rentang harga yang jauh ini akan membuat Anda kewalahan jika tidak diiringin dengan pertimbangan matang.

Baca juga: 7 Alasan Batu Alam Travertine Cocok untuk Area Outdoor


Jangan lupakan juga budget untuk perawatan di kemudian hari. Perawatan batu alam meliputi pelapisan ulang permukaan batu, pembersihan kerak dan lumut, serta perbaikan jika ada keretakan. Perawatan ini perlu dilakukan secara rutin supaya eksterior rumah tetap terlihat indah. Perlu diketahui kalau biaya perawatan masing-masing batu alam itu berbeda.


Bahan perekat untuk mengaplikasikan batu alam pada eksterior


Batu alam untuk eksterior pada umumnya dijadikan sebagai pelapis dinding dan lantai. Dengan demikian batu alam harus merekat dengan baik supaya tidak mencelakakan pemiliknya, serta tampil menawan dalam jangka waktu lama. Apalagi dengan adanya risiko terpapar cuaca ekstrim.


Perekat batu alam tidak bisa menggunakan material standar yang biasa digunakan untuk perekat batu bata atau hebel. Batu alam harus menggunakan perekat khusus agar bisa menopang kekuatan dalam jangka panjang. Apalagi jika pemasangannya di area yang butuh penanganan spesial seperti ceiling (plafon), kolom atau lantai lift. Untuk hasil dan kekuatan yang optimal sebaiknya gunakan jasa pemasangan batu alam profesional contohnya Fagetti.

Pelapis untuk batu alam pada eksterior


Batu alam yang digunakan untuk eksterior membutuhkan perhatian lebih. Batu-batu yang terpapar sinar matahari dan hujan terus-menerus sangat berpotensi ditumbuhi lumut. Apabila dibiarkan, batu akan terlihat jelek dan mudah mengalami pelapukan. Oleh karena itu, Anda harus bersiap memberikan coating atau pelapis anti lumut. Tidak boleh dilupakan juga, batu alam pada lantai eksterior harus memberikan grip yang kuat. Hal ini untuk mencegah orang terpeleset saat ada genangan air di permukaan batu alam.


Batu andesit akan cocok menggunakan pelapis yang sifatnya gloss. Karakteristik naturalnya akan tetap terpancar. Batu andest pun aman menggunakan pelapis gloss karena permukaannya sendiri tidak terlalu licin dan pada umumnya diaplikasikan sebagai dinding kolam.


Baca juga: Penggunaan Batu Alam Ini Bikin Hunian Lebih Alami


Untuk marmer, kuarsit, dan granit gunakan pelapis doff. Permukaan marmer jadi lebih nyaman dipijak, namun kemewahan coraknya tidak akan berkurang. Sedangkan batu alam travertine memiliki tekstur anti slip alami. Jadi, Anda tidak perlu melapisinya dengan pelapis doff. Travertine dengan pelapis glossy pun tetap aman dipijak.


Jika ingin menggunakan sandstone untuk eksterior, Anda juga tidak perlu menggunakan pelapis doff. Permukaan batu sandstone ini sudah kasar sehingga tidak mudah membuat orang terpeleset.


Ukuran batu alam


Perhatikan pula ukuran batu alam yang akan digunakan dengan ukuran dinding dan lantai. Ukuran yang terlalu kecil atau besar akan menyulitkan proses pemasangan. Ukuran terlalu kecil akan membuat area tersebut terlihat kopong dan kurang estetik. Sedangkan ukuran terlalu besar terkesan dipaksakan. Kalau pun berhasil dipasang, daya rekatnya jadi tidak maksimal dan bisa terlepas dalam waktu singkat.


Oleh karena itu, ukurlah dinding dan lantai dengan presisi. Lalu bandingkan dengan ukuran batu alam yang ada. Apakah batu alam memungkinkan untuk dipotong sesuai ukuran dinding dan lantai? Atau Anda perlu membuat ukuran dan bentuk batu alam secara khusus supaya hasilnya presisi?


Jika Anda menginginkan batu alam dengan ukuran dan bentuk yang sifatnya custome, silakan lirik sandstone dan travertine. Kedua batu alam ini mudah dibentuk. Misalnya menjadi sebuah dekorasi dinding yang timbul dan berpola.


Importir batu alam untuk eksterior rumah Anda


Untuk urusan pembelian batu alam, serahkan kepada tenaga profesional, Fagetti. Kami adalah importir batu alam yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Fagetti hanya menyediakan batu alam yang berkualitas tinggi untuk melengkapi kemewahan dan nuansa asri rumah Anda.


Butuh marmer, granit, travertine, dan sandstone untuk eksterior rumah? Fagetti siap membantu. Mulai dari pencarian jenis dan corak yang tepat, pemotongan ukuran batu alam yang pas, hingga jasa pemasangan pada area eksterior rumah Anda.


Selain itu, Fagetti juga melayani jasa perawatan batu alam. Dengan demikian keindahan batu alam dan rumah Anda selalu terjaga. Sudah siap untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti? Hubungi Fagetti via WhatsApp 0811-8887-359.

45 views0 comments