• Fagetti

9 Patung Marmer dari Masa Lampau yang Keindahannya Terasa Hingga Sekarang

Updated: Nov 29, 2021


Marmer kerap dipahat menjadi benda seni berupa patung. Dibandingkan jenis batu alam lainnya, hanya batu marmer yang memiliki sifat agak tembus cahaya. Sifat ini sangat mirip dengan karakteristik permukaan kulit manusia. Alhasil patung marmer jadi terlihat semakin realistis. Tak heran jika kebanyakan seniman membuat patung marmer dalam bentuk manusia.


Batu marmer juga memiliki ketahanan yang kuat terhadap perubahan cuaca. Kalau pun ada perubahan warna dan tekstur pada permukaan patung, orang-orang tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang.


Pembuatan patung dari batu alam marmer sebenarnya sudah dilakukan dari zaman nenek moyang kita. Terutama di Yunani, Italia, dan Romawi Kuno. Patung dari marmer dibuat dengan cara dipahat. Marmer yang digunakan pada umumnya berwarna putih dengan corak yang tipis. Berikut ini patung-patung marmer paling terkenal di dunia yang dibuat oleh seniman ternama.


1. David Karya Michelangelo



Bicara soal patung marmer, pastinya kita tidak boleh melupakan David karya Michelangelo. Patung marmer yang paling terkenal ini dibuat pada tahun 1501-1504. Ukurannya sangat besar dengan tinggi mencapai 5 meter. Tak heran jika pembuatannya membutuhkan waktu hingga tiga tahun.


Pada awalnya, patung marmer ini dibuat untuk menghiasi puncak Katedral Milan. Namun pada akhirnya diletakkan di Palazzo della Signoria lantaran bobotnya mencapai 6 ton. Patung bersejarah ini sekarang dipamerkan di Museum Galleria dell’Academia.


Jenis marmer yang digunakan oleh Michelangelo untuk pembuatan David adalah Carrara, marmer yang langka dan bernilai tinggi. Patung ini sendiri merupakan gambaran seorang raja Israel via Alkitab. Pembuatan patung ini amat detail hingga ke helai rambut, otot, dan urat di bagian tangan.


2. Winged Victory of Samothrace



Patung bertajuk Winged Victory of Samothrace juga dikenal dengan nama Nike of Samothrace. Patung marmer ini menggambarkan Dewi Nike, dewi kemenangan bangsa Yunani. Material utama yang dipakai untuk dipahat adalah marmer Thasian dan Parian berwarna abu-abu dan putih.


Patung ini begitu detail menggambarkan sosok seorang dewi yang lengkap dengan sayapnya. Tingginya mencapai 2,4 meter. Patung yang dipahat pada abad 2 SM ini merupakan karya Phytokritos dari Rhodes. Saat ini kondisi patung tidak utuh dan sudah mendapatkan sejumlah reparasi untuk menutup retakan. Bagian tubuh yang masih menyatu dengan sayap dan bagian tangan kanan dipamerkan secara terpisah di Museum Louvre di Paris.


Baca juga: Seni Patung Marmer Yunani di Pulau Cyclades


3. Laocoon and His Sons



Laocoon and His Sons merupakan salah satu karya patung marmer yang berasal dari Yunani. Gaya patung karya Agesander yang mengarah ke Pergamene Baroque ini menggambarkan keadaan Laocoon dan dua anaknya saat tertimpa tragedi. Ukurannya 208 x 613 x 112 cm.


Sejumlah ilmuwan memperkirakan marmer yang digunakan adalah marmer putih berasal dari sebuah tambang di Yunani. Patung yang dipahat pada abad ke 2 ini sempat hilang dan ditemukan terkubur di sebuah ladang anggur di Roma pada tahun 1506. Sejak saat itu, patung Laocoon and His Sons dibawa ke Vatikan dan dipamerkan di Taman Belvedere. Lalu pada tahun 1816, patung marmer ini dipindahkan ke Museum Vatikan.


4. Discobolus Lancellotti



Patung marmer asal Yunani, Discobolus Lancellotti menggambarkan atlet pelempar cakram pada Olimpiade Kuno. Patung marmer ini sebenarnya merupakan replika dari patung aslinya yang dipahat pada 460-450 SM dan terbuat dari perunggu. Pemilihan material marmer pada saat itu dengan pertimbangan harganya yang lebih murah dibandingkan dengan perunggu. Patung replika yang dibuat dari marmer ini sempat dibeli oleh Hitler pada tahun 1937. Lalu dibawa ke Palazzo Massimo di Italia pada tahun 1948.


5. Undine Rising from Waters



Patung marmer karya Chauncey Bradley Ives di tahun 1880 ini menggunakan teknik pahatan yang amat sulit dan mengagumkan. Objeknya adalah Undine, sosok mitologis penghuni laut Mediterania yang muncul dari air. Patung berukuran 153,7 x 48,3 x 39,4 cm ini dibuat begitu detail pada bagian kain yang melapisi tubuh Undine. Tampilannya tipis dan bertekstur. Seakan-akan patung ini menggunakan kain sungguhan. Marmer yang digunakan adalah marmer Carrara.


6. Parthenon Marbles



Parthenon adalah sebuah kuil yang dibangun untuk menghormati Dewi Athena. Kuil ini terkenal karena bangunan utamanya dibuat menggunakan marmer Pentelic. Tapi perlu diketahui pula jika di dalam bangunan ini terdapat banyak patung-patung yang juga dibuat menggunakan marmer, tepatnya marmer Parian. Patung-patung marmer ini dibuat dalam ukuran beragam dan menceritakan beragam kisah sesuai mitologi Yunani.


7. Aphrodite of Milos



Patung Aphrodite of Milos dipercaya merupakan gambaran dari sosok Dewi Laut Amphitrite yang dihormati di Milos. Patung ini dibuat menggunakan marmer Parian pada kisaran tahun 150-125 SM. Tinggi patung marmer ini mencapai 204 cm. Kondisi saat ini, patung kehilangan kedua lengannya dan sudah mendapatkan perbaikan di sejumlah titik. Keindahan Aphrodite of Milos dapat disaksikan di Museum Louvre, Paris.


Baca juga: Tradisi dan Seni Marmer di Negeri Para Dewa


8. Moses Karya Michelangelo



Ada banyak karya Michelangelo yang begitu terkenal. Sebut saja seperti Moses yang dipahat dari bongkahan marmer Carrara. Patung ini dipesan oleh Paus Julius II pada tahun 1505 untuk menghiasi makamnya kelak. Tinggi patung ini mencapai 3,74 meter dengan posisi duduk. Tokoh Moses di sini digambarkan memiliki tanduk di bagian kepala, sesuai dengan gambaran dari terjemahan Alkitab dalam bahasa Latin pada saat itu.


9. Pieta Karya Michelangelo



Satu lagi patung marmer karya Michelangelo yang tersohor, Pieta. Patung ini menggambarkan Bunda Maria yang tengah duduk di atas sebuah batu sedang memangku Yesus usai penyaliban. Lokasinya berada di Basilika Santo Petrus, Vatikan. Ukuran patung ini 174 x 195 cm.


Pembuatan patung ini berlangsung selama 1 tahun, dari 1498-1499. Detailnya sangat diperhatikan oleh Micheangelo. Mulai dari ekspresi dan raut wajah Bunda Maria, tumpukan kain dan pakaian, hingga luka penyaliban pada tangan Yesus.


Patung marmer untuk properti


Patung-patung marmer terkenal yang sudah disebutkan di atas merupakan hasil kerja pahatan tangan. Meski begitu, kemewahan dan kemegahannya amat terpancar. Modern ini, Anda juga bisa mendapatkan patung marmer dengan desain khusus yang diwujudkan menggunakan mesin berteknologi tinggi bersama Fagetti.


Baca juga: Teknologi Pemotongan Marmer untuk Desain yang Rumit dan Kompleks dengan Hasil Presisi


Fagetti tidak hanya menyediakan beragam jenis marmer, tapi juga melayani pemotongan marmer tersebut ke dalam bentuk yang Anda inginkan. Mesin berteknologi tinggi milik Fagetti mampu menghasilkan karya dengan potongan yang presisi dan konsisten. Memiliki patung marmer bernilai seni tinggi pada properti kesayangan pun menjadi lebih mudah.

#CreateYourPerfection perihal patung marmer bersama Fagetti, segera hubungi kami di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

149 views0 comments

Recent Posts

See All