• Fagetti

Batu Alam Menyempurnakan Interior Kamar Mandi Bernuansa Tropis

Updated: 4 days ago

Dalam desain hunian bernuansa tropis, interior kamar mandi tidak kalah penting dengan interior ruang utama. Kesibukan dan kepenatan setelah bekerja seharian bisa disegarkan kembali saat membersihkan badan di kamar mandi dengan interior yang apik dan nyaman. Interior kamar mandi dengan dengan batu alam akan menciptakan suasana tropis yang menyejukkan.


Pemanfaatan batu alam untuk interior kamar mandi pun semakin digemari. Nuansa tropis yang diciptakan dari keindahan tekstur, warna, dan pola batu alam memberi sentuhan alami yang membawa aktivitas membersihkan badan ke level baru, sebagai tempat menghilangkan kepenatan raga dan pikiran.


Seperti apa desain-desain apik interior kamar mandi dengan batu alam? Mari manjakan mata dengan beragam contoh desain dalam artikel ini dan temukan ide-ide kreatif yang unik dan menakjubkan!

Penggunaan batu alam dalam interior kamar mandi


Memang biasanya batu alam lebih sering digunakan pada eksterior. Keindahannya yang alami mampu menciptakan desain eksterior natural yang bersanding apik dengan keasrian alam sekitar.


Kesan natural ini semakin banyak peminatnya, apalagi di tengah kesibukan era globalisasi. Lingkungan perkotaan yang terhimpit hutan beton dan jauh dari alam, terasa lebih teduh dan natural berkat kehadiran batu alam. Kini, pemanfaatan batu alam semakin merambah dunia desain interior, menebarkan keindahan alaminya untuk menciptakan kualitas hunian yang semakin nyaman.


Batu alam untuk interior kamar mandi yang paling digandrungi. Teksturnya yang agak kasar justru aman dijadikan material lantai kamar mandi. Pola dan warnanya menciptakan desain natural yang dapat menghilangkan stress.


Tidak hanya itu, kamar mandi dengan batu alam akan terkesan elegan karena menunjukkan desain yang terencana dengan baik, pemilihan bahan yang detail, dan selera yang tinggi. Ada banyak jenis batu alam yang bisa dipergunakan seperti marmer, granit, onyx, travertine, quartzite dan sandstone.


Pergeseran dan perkembangan fungsi kamar mandi


Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan hunian yang nyaman, kamar mandi juga mengalami perkembangan konsep dan fungsi. Dulu, hanya sekadar tempat membersihkan badan. Kini, kamar mandi menjadi ruang relaksasi, ruang untuk mencari inspirasi, dan tempat mengeluarkan beragam emosi. Perlengkapannya pun kini tidak lagi hanya bak mandi, kloset, dan wastafel.


Pergeseran konsep dan fungsi ini sebaiknya disikapi lewat desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemakainya.


Baca juga: Si Cantik Sandstone, Batu Alam yang Cocok untuk Interior dan Eksterior Rumah


Jenis dan karakter batu alam yang cocok untuk area kamar mandi


Pemilihan jenis dan karakter batu alam sebaiknya disesuaikan dengan area kamar mandi; area basah atau area kering. Area basah maksudnya bagian kamar mandi yang selalu basah karena aktivitas mencuci muka, mencuci tangan, mandi, atau buang air besar dan kecil.

Perlu perhatian khusus pada area basah di kamar mandi agar tidak licin. Apalagi bila ada penghuni rumah yang sudah lanjut usia atau masih anak-anak. Batu alam dengan permukaan yang kasar menjadi pilihan tepat untuk meminimalisir risiko terpeleset.


Kamar mandi dengan area kering berarti ada pemisahan antara area yang menggunakan banyak air dengan area sekitarnya. Caranya dengan meminimalisir area yang terkena cipratan air. Area shower atau bathtub terpisah dengan area kloset atau wastafel. Pemisahan bisa menggunakan dinding tembok, kaca, tirai, perbedaan ketinggian lantai, ataupun perbedaan bahan pelapis dinding serta lantai. Area kloset dan wastafel akan tetap kering karena tidak terkena cipratan air dari area mandi. Dengan cara ini, kamar mandi juga jadi lebih higienis dan tidak cepat berlumut/licin karena hampir tidak ada genangan air. Membersihkannya pun menjadi lebih mudah.


Faktor kekuatan material, tingkat higienitas, ukuran, harga dan biaya pemasangan, menjadi pertimbangan utama saat memilih jenis batu alam yang akan diaplikasikan pada interior kamar mandi. Batu alam yang digunakan di kamar mandi, terutama di area basah, sebaiknya di-coating. Apalagi jika menggunakan jenis sandstone (palimanan) dan batu alam candi yang cenderung berpori-pori besar dan mudah berjamur atau berlumut.


Baca juga: 6 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Area Outdoor


Konsep dasar interior kamar mandi bernuansa tropis


Kamar mandi bernuansa tropis dapat diciptakan dengan pemanfaatan batu alam, unsur kayu, pencahayaan alami, dan aneka tumbuhan tropis seperti palem-paleman, aneka jenis tumbuhan paku, dan tanaman merambat sirih-sirihan.


Lantai kamar mandi berupa batu koral dapat menciptakan kesan alami. Batu alam andesit berwarna cerah bisa dijadikan pelapis dinding untuk menambah kesan natural. Sedangkan, batu andesit bintik bakar bisa menjadi lantai kamar mandi yang tahan lama dan tidak licin.

Perpaduan warna, tekstur, dan pola dari berbagai jenis batu alam yang didesain dengan baik memberikan sensasi menyatu dengan alam. Keasrian alam bebas dapat dirasakan tanpa perlu berada di luar rumah.


Kamar mandi berkonsep tropis minimalis terlihat sangat elegan. Perpaduan berbagai batu alam dengan berbagai pola dan warna menyatu dengan seimbang. Setiap jenis material mewakili setiap area di kamar mandi. Trik ini memberi keleluasaan untuk mengaplikasikan berbagai tipe batu alam ke dalam sebuah ruang. Kehadiran tanaman pelengkap interior berkontribusi memberikan aura positif yang meningkatkan kualitas hidup saat berada di kamar mandi.


Desain kamar mandi batu alam yang apik


Batu andesit menjadi salah satu batu alam yang sering dipakai dalam interior kamar mandi. Corak dan motifnya beragam; bintik cakar, cipanca, dan sirih bintik. Warnanya yang hitam keabuan memberi tampilan elegan.


Kamar mandi berdinding batu marmer, granit atau onyx tampil elegan dan menyegarkan. Nuansa alami semakin terasa dengan perpaduan material kayu untuk laci di bawah wastafel dan gantungan handuk minimalis. Tampilan tropis minimalis semakin terasa dari pola horizontal memanjang lantai kayu yang diselingi rumput. Keberadaan tanaman bukan sekadar dekorasi, tetapi juga menjadi suplai oksigen yang menyegarkan ruang. Interior yang tertata seperti ini pastilah bikin betah, membuat waktu di kamar mandi jadi menyenangkan, bahkan bisa menginspirasi ide-ide inovatif yang kreatif.


Baca juga: Tak Cuma Dinding dan Lantai, Slate Bisa Jadi Opsi Material Atap


Berbagai jenis batu alam dapat dipilih, dipadupadankan, dan dikombinasikan dengan berbagai material dan elemen lainnya untuk menciptakan interior kamar mandi idaman. Kesan elegan dari marmer semakin terlihat dengan tata pencahayaan yang terencana. Karakter granit yang tahan gores dan mengkilap dengan berbagai motif urat yang artistik dapat diperoleh dengan harga terjangkau. Batu alam sabak atau slate dapat memberikan tampilan rustic yang klasik dan elegan.


Begitu banyak jenis batu alam yang bisa dipilih untuk mempercantik interior. Pemilihan batu alam yang tepat akan menyempurnakan interior kamar mandi bernuansa tropis, membawa pengalaman membersihkan badan ke level baru yang menyegarkan tubuh dan pikiran. Untuk memenuhi kebutuhan batu alam impor yang berkualitasi, Anda bisa mendapatkannya dari Fagetti.


Perusahaan ini memiliki 900 jenis batu alam dengan corak dan warna yang berbeda-beda. Fagetti juga memiliki teknologi paling mutakhir dari Italia untuk memotong dan memproses batu alam sesuai desain yang diinginkan oleh pelanggan. Tidak cuma itu, Fagetti juga melayani jasa poles, jasa pasang hingga jasa perawatan batu alam. Hebatnya, Fagetti berani memberikan garansi produk dan pelayananannya selama tiga tahun. Hubungi Fagetti via WhatsApp di sini: Kirim Pesan ke Fagetti. Mari terus berkarya!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia