• Fagetti

Elemen Dekorasi Wajib untuk Mempercantik Taman

Updated: Sep 23

Taman menjadi bagian eksterior yang memberikan kesan pertama pada tampak luar sebuah rumah. Oleh karena itu, selain melengkapi taman dengan tanaman hias, Anda harus memberikan perhatian elemen-elemen dekorasi untuk memperindah taman.

Berikut ini, beberapa ide elemen dekorasi taman yang bisa Anda terapkan:


Gazebo untuk tempat Berkumpul



Taman lebih dari sekedar tempat menanam berbagai tumbuhan hias, tempat ini bisa menjadi tempat yang fungsional, seperti tempat bersantai dan menghabiskan waktu luang sambil menikmati kesegaran udara luar ruangan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan tempat untuk sarana berkumpul dan bersantai bersama keluarga, seperti gazebo. Dengan demikian, acara berkumpul keluarga seperti barbeque dan makan bersama dapat Anda lakukan di taman.


Pada dasarnya gazebo adalah bangunan terbuka dengan struktur bagian lantai dan atap yang permanen. Bentuk dasarnya dapat bermacam-macam seperti kotak, persegi enam dan bentuk lainnya. Anda dapat menerapkan berbagai konsep dan gaya desain pada bangunan yang cukup sederhana ini, sesuai dengan bangunan utama yaitu rumah. Anda pun dapat membuatnya menjadi tempat bersantai lesehan, maupun dengan menggunakan tempat duduk, sesuai dengan preferensi Anda dan keluarga.


Baca juga: Mengenal Aberdeen, Kota Granit di Skotlandia, Inggris


Rumput untuk nuansa hijau menyeluruh


Hal selanjutnya yang tak boleh dilupakan saat membuat taman di pekarangan yang asri adalah rumput. Secara umum, Anda memiliki dua pilihan yaitu menggunakan rumput organik maupun rumput sintetis atau tiruan untuk memberikan nuansa hijau menyeluruh pada taman. Meski demikian, akan lebih baik jika Anda menggunakan tanaman organik sehingga tidak hanya memperindah, namun juga memberikan sentuhan alami yang original.


Ada banyak jenis rumput yang biasa digunakan untuk diaplikasikan pada pekarangan rumah Anda. Beberapa di antaranya adalah rumput jepang, rumput gajah, rumput swiss, rumput golf dan lain-lain. Perhatikan kondisi tanah dan cuaca sebelum Anda memutuskan jenis yang akan Anda gunakan karena setiap jenis memiliki kondisi yang berbeda. Perhatikan pula ketersediaan sumber air agar rumput dapat secara teratur disiram agar tumbuh dengan indah dan terawat.


Jalan setapak yang estetik


Jika Anda memutuskan menggunakan rumput alami untuk taman Anda, secara pasti Anda harus menjaganya dengan baik sehingga dapat selalu indah dan terawat. Dalam hal ini, menginjak rumput jelas sangat tidak disarankan karena dapat merusaknya jika dilakukan terus menerus. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyediakan jalan setapak yang menghubungkan rumah, gazebo dan kolam ikan. Selain fungsional, keberadaan setapak juga menjadi hal yang dapat melengkapi keindahan taman Anda secara keseluruhan.


Jalan setapak ini dapat Anda buat dengan menyisakan bagian tanah yang tidak ditanami rumput. Namun, jika ingin terlihat lebih cantik dan estetik, Anda dapat mengaplikasikan batuan tertentu untuk jalan setapak. Jenis batuan yang dapat Anda gunakan antara lain adalah batu koral, yang dapat ditata dan disesuaikan dengan kebutuhan jalan setapak untuk taman dan rumah Anda.


Baca juga: 7 Alasan Memakai Batu Alam untuk Rumah Idaman


Lampu taman untuk pencahayaan

Lampu atau pencahayaan yang cukup dapat melengkapi keindahan taman. Taman juga akan sangat menyenangkan untuk berkumpul dan berkegiatan pada malam hari seperti barbeque dan makan bersama. Apalagi, taman juga kerap kali menjadi tempat untuk menerima tamu dan mengadakan pesta.


Pencahayaan menjadi hal yang krusial dan tidak bisa dipisahkan dari taman rumah Anda. Pencahayaan taman tentunya tidak sama dengan pencahayaan dalam ruangan.

Anda tentu tidak ingin memasang sembarang jenis lampu karena dapat merusak keindahan taman serta desain rumah dan pekarangan Anda secara keseluruhan. Oleh karena itu, pilihlah lampu taman yang tidak hanya fungsional namun juga memberikan nilai estetika yang baik.


Percantik dekorasi taman dengan batu alam


Untuk menambah keindahan taman, Anda juga dapat memanfaatkan batu alam seperti marmer dan granit sebagai salah satu item dekoratif maupun fungsional pada taman. Sebagai batu alam premium dengan nilai seni yang tinggi, penggunaan marmer dan granit dapat memperkuat kesan mewah dan elegan pada taman Anda. Berikut ini elemen yang bisa diciptakan dengan batu granit untuk menyempurnakan keindahan taman:


Ornamen



Sudah bukan rahasia lagi jika marmer dan granit adalah salah satu batuan alam yang kerap dijadikan bahan dasar pembuatan ornamen dan patung. Anda dapat membuat patung kecil dari batu marmer dan granit untuk mempercantik dekorasi taman Anda. Anda juga dapat menempatkan ornamen granit ini pada bagian atas pancuran.


Baca juga: Tidak Hanya Mewah, Kenali 5 Keunggulan Granit untuk Dapur


Kolam ikan


Batu alam juga merupakan salah satu material yang sering digunakan sebagai untuk dasar kolam ikan. Selain karena keindahannya, penggunaan ini juga terkait dengan sifat batu alam sendiri yang cenderung dingin dan tidak menyerap panas sehingga dapat menjadi "rumah" yang nyaman untuk hias hias.


Meja dan kursi taman


Tidak semua orang menginginkan gazebo sebagai tempat bersantai dan berkumpul. Seringkali Anda hanya butuh meja dan kursi sederhana untuk tempat bersantai di taman. Anda tentu saja dapat menggunakan marmer dan granit sebagai meja atau kursi yang praktis karena dapat dibuat permanen tanpa harus dipindahkan.



Tempat mendapatkan batu alam terbaik


Granit termasuk material yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan eksterior, termasuk taman. Sifat batuannya yang kuat dan kompak serta memiliki daya tahan yang tinggi menjadikan batuan ini sangat digemari. Terlepas dari sisi fungsionalnya tersebut, granit juga memberikan keindahan yang menjadi tambahan poin bagi keindahan taman secara keseluruhan.


Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan batu granit baik untuk kolam ikan, pancuran, ornamen, hingga meja dan kursi taman, Anda dapat menemukannya di Fagetti. Sebagai supplier batu alam premium, Fagetti menyediakan sekitar 900 jenis batu alam, termasuk granit yang cocok digunakan untuk dekorasi taman.


Melalui #CreateYourPerfection, Fagetti juga akan membantu Anda untuk menghadirkan desain sesuai preferensi dan kebutuhan Anda. Tim dari Fagetti juga dapat membantu ada mulai dari pemilihan jenis batu, instalasi hingga perawatan.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia