• Fagetti

Sejumput Kisah Marmer Merah Verona, Italy

Masih ingat dengan kisah cinta Romeo dan Juliet? Latar tempat dari karya William Shakespeare paling fenomenal ini adalah Verona. Selain terkenal sebagai kota yang romantis, Verona merupakan salah satu pusat industri marmer Italy. Marmer Verona telah menghiasi bangunan-bangunan indah di seluruh dunia sejak ribuan tahun lalu.


Verona merupakan sebuah provinsi di region Veneto, Italy. Marmer dan Verona telah berusia ribuan tahun. Hal ini dibuktikan dengan sisa-sisa prasejarah di Lessinia dan Gunung Baldo. Peninggalan berumur lebih dari 5000 tahun yang lalu menunjukkan bahwa manusia Zaman Batu telah memahat patung-patung kecil dari batu Verona. Seni batu alam Verona telah diwariskan secara turun temurun.



Industri marmer di Verona


Industri batu berperan penting bagi perekonomian Verona, terutama di wilayah Caprino-Valpolicella, Lessinia serta di Valpantena. Tambang batu alam tertinggi terletak di Lessinia dengan tambang bernama Prun.


Namun, wilayah Caprino-Valpolicella telah lebih dulu dikenal sebagai tambang dan pengolahan batu alam sejak 2000 tahun silam. Saat ini, tambang yang paling menjanjikan terletak di gunung Loffa, di mana sebagian penambangan masih dilakukan secara tradisional.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Italy Paling Populer di Dunia


Sejak zaman Romawi kuno, penambangan batu alam di Verona sudah beroperasi. Hal ini terlihat dari banyaknya monumen serta Arena di Verona yang menggunakan bahan baku marmer.


Sejak paruh kedua abad ke-19, wilayah Verona mengurangi penambangan batu alam yang fokus pada finishing. Di sisi lain, wilayah Valpantena dan Valpolicella terus mengembangkan kemampuan dan teknologi hingga menjadi pusat pemotongan dan pembentukan batu alam. Produk marmer jadi kemudian diekspor ke seluruh dunia.


Saat ini, sekitar 25%-30% ekspor batu alam jadi atau setengah jadi Italy berasal dari wilayah Verona. Pameran batu alam Marmomacc yang berlangsung di Verona pada setiap akhir September menjadi salah satu pameran dagang terpenting dan terbesar di dunia.


Baca juga: Marmer Italy yang Tersohor Karena Kualitasnya yang Tinggi


Di masa lalu, batu alam diekstraksi di tambang terowongan. Dengan alasan keamanan, kini batu alam tersebut diekstraksi di tambang terbuka dan diproses di banyak perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Verona.


Hingga saat ini, batu alam Verona terus digali dan dikerjakan bersama dengan bahan batu lainnya yang datang dari negara lain untuk diproses di Verona sebelum diekspor ke seluruh dunia.


Jenis-jenis marmer dari tambang Verona, Italy


Rosso Ammonnitico atau Red Verona yang ditambang dari Monte Pastello dan di pegunungan sisi barat Val d'Adige antara kota Sant'Ambrogio dan Monte di Valpolicella merupakan marmer Verona paling populer.


Ciri khas Rosso Ammonnitico adalah warnanya yang merah tua hingga merah muda pucat. Pada batu ini bisa ditemukan fosil cangkang binatang laut ammonite dan belemnoidea rostra. Batu alam ini telah digunakan sejak zaman kuno yang diabadikan dalam bentuk kolom, lantai, relief dan patung yang menghias istana dan gereja di Verona serta di seluruh Italy.


Marmer merah Verona juga dapat ditemukan di fasad Palazzo Ducale dan di Basilika San Marco di Venesia dan di gereja-gereja abad pertengahan dan Renaisans lainnya di seluruh Italia. Kadang-kadang orang mengenal marmer Verona hanya dari batu Rosso Ammonnitico.


Padahal ada jenis batu alam dari Verona lainnya seperti Nembro yang berwarna merah muda hingga putih. Batu ini juga dikenal sebagai Scaglia Rossa Veneta. Nembro ditambang di sektor barat pegunungan Lessini.


Baca juga: 4 Alasan Marmer Italy Layak Disebut Marmer Terbaik Dunia


Selanjutnya Biancone, batu dari Verona ini berwarna putih susu yang sangat elegan, terkadang cenderung krem. Seringkali memiliki urat yang terdiri dari fraktur non-struktural tipis yang membuatnya semakin unik. Marmer ini digunakan untuk lantai gereja San Zeno. Verona juga memiliki berbagai macam batu lainnya seperti Breccia Pernice, Rosa del Garda, Giallo Reale.


Ahli geologi menyebutnya limestone


Tukang batu umumnya menyebut setiap batu kapur yang dapat dipoles sebagai marmer. Demikian juga dengan batu alam dari Verona yang mendapat sebutan marmer Verona. Tapi ahli geologi lebih ketat dalam menggunakan istilah marmer yang hanya merujuk pada batu kapur yang bermetamorfosis karena suhu dan tekanan yang tinggi selama ribuan tahun.


Dalam hal ini, marmer Verona sejatinya tidak tergolong marmer tapi limestone. Namun orang-orang sudah terlanjur mengenal Red Verona sebagai marmer dari Italy yang menghiasi banyak bangunan-bangunan indah di seluruh dunia.


Jika ingin memiliki marmer Italy yang indah dan berkualitas, Anda bisa datang ke Fagetti, Jakarta. Perusahaan ini merupakan importir marmer Italy dan marmer-marmer dari negara lain di seluruh dunia. Ada ratusan jenis marmer eksklusif yang tidak dimiliki oleh supplier lain tersedia di perusahaan ini. Selain marmer, Anda juga menemukan granit, onyx, travertine, sandstone, limestone, quartzite dan lain-lain. Segera hubungi Fagetti pada nomor WhatsApp 0811-8887-359. Ciptakan hunian sempurna dengan marmer Italy dari Fagetti!

38 views0 comments