• Fagetti

Tradisi dan Seni Marmer di Negeri Para Dewa



Tradisi dan seni marmer menjadi bagian tak terpisahkan dari peradaban Yunani, Negeri Para Dewa sejak ribuan tahun lalu. Sejumlah patung dan arsitektur kuno yang terbuat dari batu marmer menjadi saksi bisu dari setiap perkembangan zaman yang terjadi di Yunani. Simak ulasan penggunaan marmer di Yunani yang sudah berlangsung sejak sebelum Masehi.


Monumen-monumen marmer di Yunani


Yunani memiliki banyak monumen marmer yang sangat terkenal. Bangunan-bangunan yang indah itu menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Di balik keindahannya, bangunan dan seni pahat marmer Yunani telah menjadi bukti kejayaan peradaban di masa lalu.


Beberapa bangunan marmer kuno di Yunani di antaranya adalah Aphrodite of Milos, Hermes of Praxiteles, the Victory of Samothrace, dan Parthenon, Erechtheion Propylaea of Acropolis of Athens.


Sejarah marmer Yunani sudah berlangsung sangat lama. Hal ini terlihat dari penemuan patung wanita dari zaman Neohellenic Tengah atau sekitar 5.000 SM. Pada awal tahun Masehi, penggunaan marmer banyak dikombinasikan dengan travertine di antaranya adalah kuil Zeus di Olympia, kuil Apollo di Delphi, Peisistratus Square dan Acropolis of Athens metopes.


Baca juga: Stadion Panathenaic, Tuan Rumah Olimpiade Pertama yang Seluruhnya Berlapis Marmer


Marmer mulai digunakan secara luas di Yunani pada abad ke-5 dan ke-4. Tambang Cyclades sudah menghasilkan bahan baku yang melimpah. Di Paros, tambang menghasilkan marmer homogen putih yang sangat mudah diukir yang dahulu disebut sebagai batu Paris atau Parian atau Lychnitis. Karya seni pahat pada masa ini di antaranya adalah Hermes of Praxiteles serta Aphrodite of Milos.


Salah satu pusat pengolahan marmer terpenting di Yunani kuno adalah Thassos. Di Thassos, orang dapat melihat tambang marmer sepanjang masa. Marmer Thassos putih terkenal karena berkualitas tinggi. Patung Krioforos Kouros dengan tinggi 3,5 meter yang terletak di Museum Thassos berasal dari tambang kuno.


Jejak tambang marmer kuno juga ditemukan di Vathy, Pyrgos, Aliki dan Helenistik. Di zaman Romawi, tambang Helenistik dieksploitasi dengan sangat terorganisir dengan budak yang bekerja di bawah pengawasan prajurit. Pusat pengolahan marmer penting lainnya di Yunani kuno adalah Attica. Di area ini marmer putih Penteli dan marmer Ymittos digunakan untuk pembangunan Kuil Poseidon.


Tambang kuno marmer Pentelic terletak di lereng barat daya Gunung Pentelic, di lembah Spilia saat ini. Penambangan di Gunung Penteli dalam skala lebih kecil juga ditemukan di bagian atas lembah Hunis. Marmer Pentelic banyak digunakan untuk membangun monumen di Athena kuno.


Selain marmer putih, sejumlah marmer berwarna ditambang di Yunani kuno seperti marmer hijau crocodile stone atau green laconic marble, marmer merah Tainaros, marmer hijau Thessaloniki, marmer Karystos - Styron dan marmer hitam Chios.


Seni marmer Yunani


Pengerjaan karya seni marmer berlangsung di Tinos secara turun temurun. Di pulau tersebut, seni pahat diajarkan oleh Pheidias kepada penduduk setempat. Semangat seni pahat dan tradisi artistik mampu menjadi menjadi mata pencaharian para seniman, pematung dan pelukis Tinian.


Marmer karya Tinos sering ditempatkan di galeri Athena, seperti Universitas, Museum, Zappeion, Parlemen Hellenic, Akademi, Perpustakaan Nasional, Metropolis dan banyak lainnya.


Baca juga: Mount Airy, Tambang Granit Terbesar yang Sempat Dianggap Tak Bernilai


Di zaman Yunani modern banyak pengrajin marmer berasal dari Epirus, Makedonia, Lagadia, Kalavryta dan Peloponnese. Mereka tersebar ke seluruh Yunani dan luar negeri seperti Rumania, Asia, Mesir, Persia.


Produksi marmer Yunani


Yunani kini menjadi salah satu produsen marmer dan granit utama di dunia. Marmer Yunani diekspor ke seluruh dunia. Meski sempat tertekan akibat pandemi COVID-19 di paruh pertama tahun 2020, namun Yunani berhasil bangkit di awal tahun ini. Pada periode Januari-Maret 2021, nilai ekspor marmer Yunani naik 17,45% dan kuantitas naik 27,33% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Italia Paling Populer di Dunia


Tujuan utama ekspor blok dan slab marmer Yunani adalah China. Sedangkan produk marmer jadi paling banyak diekspor ke Amerika Serikat. Pada kuartal pertama tahun ini, Yunani mengekspor produk marmer ke 93 negara dengan total nilai USD 74 juta.


Seni marmer juga berkembang di Indonesia. Untuk menghasilkan karya seni marmer yang indah, Anda bisa menghubungi produsen dan supplier marmer di Jakarta, yakni Fagetti. Perusahaan ini memiliki teknologi marmer terbaru dari Italia yang mampu memproduksi karya seni marmer dengan sangat presisi. Anda bisa menghubungi Fagetti melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359 dan buat jadwal janji temu. Jangan ragu untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti.

11 views0 comments